Oleh: mukidi | November 5, 2016

Berbagi Kemandirian,Membangun Kekuatan Ekonomi.

Pagi hari tepatnya, rabu 3 November 2016, rombongan dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Kediri Jawa Timur sampai di Rumah Kopi Mukidi. Rombangan yang berjumlah 13 orang terdiri dari petani dan BKP3, setelah ditemui oleh owner kopi mukidi (penulis).

Pimpinan rombongan menyampaikan maksud dan tujuannya, untuk ngasuh kawruh terkait dengan perkopian atau apa yang dilakukan penulis. Serta memperkenalkan satu persatu dari peserta yang hadir.

Usai perkenalan penulis mencoba sampaikan bahwa usaha itu adalah karena konsep ideologis kemandirian yang sering disebut konsep petani mandiri. Penulis mencoba menjelaskan untuk meningkatkan kesejahteraan dilahan sempit bagaimana bisa meningkat pendapatannya.

Olah lahan sesuai kaedah konservasi, aneka komoditas, olah komoditas jadi produk dan pemasaran. Penulis menjelaskan ketika itu dilakukan oleh petani maka nilai tambah akan meningkat sangat sinigfikan. Namun penulis menambah itu perlu sebuah konsistensi dan jangan takut godaan. Menurut penulis godaan yang paling hebat adalah godaan internal dan lingkungan terdekat.

Tidak cukup diskusi selanjutnya mencoba icip icip kopi dari olahan rumah kopi mukidi. Dari hasil diskusi dan icip kopi nampaknya menambah suana semakin semangat ketika muncul banyak pertanyaan. Penulis mencoba menghitung peningkatan pendapatan dari hasil jual kopi gelondong sampai siap seduh. Peningkatan pendapatan itu mencoba membangun mimpi kemandirian nilai ekonomi, kuncinya konsisten dan kuat diproses.

Semoga mimpi berbagi itu bisa memberikan motivasi bagi sedulur tani dari Kediri Jawa Timur. Serta ini bukan akhir untuk ketemu tapi awal untuk membangun kemandirian ekonomi, salam petani mandiri menata lingkungan dan ekonomi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: