Oleh: mukidi | Oktober 21, 2016

Perjalanan dan Berbagi

Beberapa minggu atau bulan yang lalu penulis berbagi cerita, di beberapa kota. Yogyakarta, Semarang dan di Wilayah Jawa Barat. Tentunya perjalanan berbagi pengalaman ini sebagai ajang untuk saling belajar.

poto diambil dari akmad irvan Riyadi

Memahami kekurangan diri itulah sebuah hal untuk mau belajar, sehingga akan menambah banyak pengalaman. Di Yogyakarta tepatnya di Kedai Kebun penulis datang ke sana atas undangan panitia yang di komando pak tri agus, diskusi terkait sebuah kemandirian petani.

Kemandirian atau penulis sebut Petani Mandiri, bagaimana petani dari hulu sampai ke hilir berperan. Penulis mencoba untuk mengimplementasi sebuah mimpi besar sekaligus memberi contoh. Mulai dari olah lahan hingga sampai produk dan pasar, Pola contoh ini tidak sekedar bicara.

Diskusi yang dihadiri dari berbagai kalangan mahasiswa dan pemilik cafe tersebut terjadi umban balik. Mulai bagaimana menyelamatkan tanah agar tidak tergerus erosi permukaan tanahnya hingga nikmatnya secangkir kopi.

Setelah dari Jogja meluncur ke Jawa barat tepatnya di Kuningan. Penulis sampai ke sana atas undangan dari Okky.

Acara di Jawa barat ini lebih banyak dihadiri petani dan barista. Diskusi menarik sampai pada icip kopi dari semua peserta yang bawa kopi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: