Oleh: mukidi | Juli 15, 2016

Lebaran dengan Secangkir Kopi Temanggung

jepretan Emi fa

Tepatnya di Dusun Jambon Gandurejo Rumah kopi mukidi sebuah rumah kecil jauh dari keramaian perkotaan. Masuk wilayah Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung Jawa tengah. Lebaran banyak yang mudik, bahkan sa’at mereka akan kembali bekerja kembali harus mencari oleh oleh dari daerah setempat.

Kopi Temanggung merupakan salah satu produk unggulan di Kabupaten Temanggung. Tidak sebatas produk unggulan saja,namun Kopi Temanggung sudah mendapat nama dikontes perkopian baik nasional maupun internasional. Begitu juga banyak masyarakat Temanggung yang telah mengolah kopi jadi produk yang dikemas. Bahkan menyulap rumahnya jadi kedai kopi ataupun warung kopi seperti rumah kopi mukidi.

Rumah kopi mukidi sa’at lebaran banyak dikunjungi tamu mulai H+1 ada yang sekedar ingin icip kopi dari arabika lereng Gunung Sumbing yang barusan terbang ke Amerika. Silih berganti tamu bagi penulis merupakan berkah dan berbagi cerita tentang kopi. Tak lupa penulis juga berbagi cerita tentang kemandirian petani.

Cerita -cerita kemandirian dan secangkir kopi kepada tamunya penulis selalu tularkan, sesuai dengan filosofinya “secangkir kopi ada cerita banyak saudara dan penuh cinta”. Bahkan syawalan pun penulis masih kedatangan tamu untuk berbagi pengalaman olah kopi. Beberapa petani Glapansari dan anggota Himpunan Tani bagaimana petani biar bisa mandiri dan mampu bersaing. Penulis mencoba sudah sa’atnya membangun kekuatan dan kebersamaan.

Diskusi diskusi kecil itu sambil diselingi canda dan tawa, tak lupa secangkir Kopi Temanggung sebagai penghangat suana ha ha ha ha.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: