Oleh: mukidi | Mei 29, 2016

Angkat Potensi Desa Wonotirto dan Kembangkan

Sore itu hujan gerimis tidak menyurutkan semangat untuk diskusi dengan teman-teman pengurus pemuda Dusun Kwadungan Desa Wonotirto Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Desa paling ujung berbatasan langsung dengan hutan lindung ini banyak potensi mulai dari arsitetur kuno masih ada.

Dari potensi pertanian juga merupakan penghasil tembakau mutu baik karena  masuk wilayah Lamsi. Dari sisi budaya tradisional sangat banyak mulai dari sandul, wulang sunu, kethoprak, kuda lumping dan lainnya. Tradisi nyadran juga masih kental di Desa Wonotirto.

Wonotirto dengan 4 dusun mulai dari Dusun Kwadungan, Wunut, Tritis, dan Grubug semuanya memiliki keunikan masing-masing. Di Dusun Grubug pernah ditemukan Harimau tutul, dan di Dusun Tritis ada peninggalan sumber mata air wali orang menyebutkan. Dusun Wunut juga ada monument meteorit, sedangkan untuk Dusun Kwadungan ada keunikan tersendiri mulai dari pepunden dan lainnya.

Tepatnya tanggal 24 Mei 2016, bertempat di ketua pemuda Dusun Kwadungan Wonotirto penulis mencoba mengajak diskusi dengan pengurus pemuda. Kurang lebih 50 pengurus pemuda datang untuk mengali potensi yang ada untuk dikembangkan.

Hadir dalam pertemuan itu ketua HiPMI Temanggung, Jabal coffee, dan Penulis selaku pemilik kopi mukidi dan kang Deden selaku admin kopi mukidi. Pembukaan oleh pengurus pemuda langsung dilanjut pemutaran film tentang profil kopi mukidi, usai pemutaran film dokumenter dilanjut paparan Ketua HIPMI tentang potensi Temanggung di android.

Terjadi proses diskusi menarik, dan banyak pekerjaan yang harus dikembangkan, mulai dari mengali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Mengemas dalam sebuah wadah kepemudaan dan tentunya akan bisa menghasilkan untuk kesejahteraan bagi semuannya. Mungkin ini catatan awal dan membangun dan membangkitkan semangat pemuda untuk membangun desa, dengan kemandirian dan salam petani mandiri.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: