Oleh: mukidi | Mei 2, 2016

Ada Kopi Temanggung di Jagongan Media Rakyat 2016

Judul bukunya kurang lebih begini”Jagongan Media Rakyat 2016 menganyam inisiatif komunitas. Kalau saya bisa menerjemahkan jagongan itu lah duduk bersama, dan rembugan atau ngobrol.

Dalam buku itu disebutkan bahwa kegiatan itu berlangsung setiap 2 tahun sekali dan diinisiasi oleh Combine resource institution. Kegiatan itu sudah dimulai sejak tahun 2010. JMR begitu mudah menyebutnya dan merupakan ruang pertemuan berbagai pihak untuk membahas isu isu sosial. Dalam buku itu juga disebutkan pembahasan isu tentunya harus memberikan kontribusi untuk perubahan sosial yang lebih baik.

Dari buku itu disebutkan #JMR2016 suguhkan 25 isu mulai dari Inovasi,advokasi dan literasi. Kegiatan itu terbuka untuk siapapun, dan bertempat di Jogja National Museum.

Tahun ini komunitas atau Himpunan Tani Kopi Temanggung ikut meriahkan stand yang disediakan panitia JMR2016. Stand kopi itu diisi dari kopi yang tergabung dengan himpunan tani kopi Temanggung. Stand himpunan kopi Temanggung ini menjadi tempat bertemunya banyak orang untuk ngumpul dan menjadi daya tarik tersendiri untuk mengenalkan kopi Temanggung, kata salah satu panitia #JMR2016.

Himpunan tani juga mendapat kehormatan untuk berbagi pengalaman dalam diskusi yang bertema ekonomi, konservasi dan kemandirian. Diskusi yang dimoderatore oleh Bagus Adi Wibowo, dan narasumber Mukidi dan Sarkoni semua dari pengurus dan anggota himpunan tani ini mengundang banyak hal yang manarik bagi peserta.

Pertanyaan yang mendasar kenapa harus bersama untuk sukses ketika sendiri saja bisa? jawabnya senderhana itulah panggilan hati, dan kaderisasi, jawab mukidi dan disambut senyum dan tawa kecil oleh peserta diskusi.

Lepas pameran dilanjut untuk evaluasi minggu kemarin. Hingga tawaran untuk melanjutkan pameran sekaligus diskusi diskusi ke daerah Jawa Barat. Tentunya tawaran itu menarik dan apalagi ketika evaluasi kemarin hadir dari salah satu pihak panitia #JMR2016. Selamat dan semoga membawa manfa’at bagi orang banyak. Tentunya tak lupa salam petani mandiri menata lingkungan dan ekonomi.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: