Oleh: mukidi | November 17, 2015

Belajar Sangrai Kopi

IMG_03112015_111423Jakarta 2- 4 November 2015 merupakan suatu kehormatan bagi saya dan mas Ardhi Wiji Utomo, karena mendapat kepercayaan dari Kementerian Perindustrian untuk mengikuti kelas roasting kopi. Bukan sembarangan kelas roasting kali ini, karena narasumber yang datang Manuel Diaz P, ONA Consulting, Mexico.

Seorang yang ingin belajar atau ingin jadi roaster atau tukang sangrai kopi yang baik harus mengenal awal tentang kopi yaitu dari budidaya kopi. Mereka harus mengenali kopi ditanam dimana pada ketinggian berapa, dengan jenis kopi apa. Budidaya ini kita jadi paham tanaman pendamping kopi apa dan peneduh kopi apa.

Tentunya dengan mengenal semacam itu kita akan jadi tahu, ketika nanti diproses selanjutnya. Paska panen kopi atau proses kopi itu mulai dari alami, fermentasi dan honey,ini akan memunculkan aramo berbeda. Mungkin ini saya menyebutkan mengenal asal usul kopi dari situ kita akan kita mengenali karakter kopi.

Setelah kita mengenali karakter kopi, lalu profil apa yang akan kita keluarkan itu sudah bermain pada metode roasting/sangrai. Metode ini cepat,lambat, dan tengah itulah mempengaruhi dari munculnya aroma, taste,textur kopi. Semakin banyak berlatih jelas akan semakin paham mengenali karakter kopi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: