Oleh: mukidi | Agustus 26, 2015

Gunung Bendo Dan Robusta

Warga sekitar menyebutnya Gunung Bendo,wilayah ini masuk Desa Gesing Kecamatan Kandangan Temanggung. Saya baru pertama menuju Gunung Bendo, menuju lokasi kebun pak Midi yang berdampingan dengan kebunya Pak Triyono bisa dengan sepeda motor ataupun mobil.

11954580_1537601759812631_467421449769263703_nJalan makadam menuju lokasi sangat mengasyikan, apalagi kalau yang datang orang luar kota, pasti akan bilang keren. Lokasi kebun Gunung Bendo full Robusta,namun terlihat ada arabika satu pohon yang baru dicoba pak Triyono.

Perjalanan ke Gunung Bendo ini bersama dengan teman-teman dari Jakarta yang baru outbond ke Kandangan di lokasi Spedagy. Outbond yang dilakukan adalah berkunjung ke Magno, spedagy omoh Kelingan,mbalun dan omah Yudhi.

11891087_1537603209812486_8343881065995344594_nBiasanya Pak Singgih selalu paparan tentang gagasan awal membuat radio Magno dan sepedagynya. proses membuatnya juga bisa dilihat langsung di lokasi tempat membuatnya. Biasanya pak Singgih mengajak tamunya untuk melihat potensi lokal yang ada seperti kopi. Pak Singgih sendiri juga membuat kopi dari hasil kebun omah kelingan dan masyarakat sekitar Kandangan.

Proses membuat kopi dari budidaya hingga penyajian berkolaborasi dengan penulis blog ini ha ha ha ha. Kadang penulis cerita kopi dari paska panen hingga siap saji. Pada tahap budidaya petani sekitar mencerita sekitar tentang budidaya kopi.

Diskusi dikebun kopi Gunung Bendo pada lokasi kebun milik Pak Midi berlangsung seru, karena ada yang takut dengan kodok. Usai dari kebun berlanjut ke rumah pak Midi dengan acara melihat proses paska panen dan belajar sangrai hingga penyajian.

Penulis menjelaskan paska panen,sortasi biji, sangrai dan penyajian. Sangrai manual dan penulis bilang bisa dilakukan dengan alat dapur yang kita punya. Menunggu kopi sangrai dingin sambil menikmati singkong goreng dan suweg, orang kota pada tertarik.

Tubruk khas Indonesia selanjutnya untuk icip-icip kopi. Dan tubruk menjadi standar cupping internasional begitu penekannya, artinya mari selalu minum kopi tubruk dan lokal punya. Selanjutnya secangkir kopi banyak saudara, penuh cerita dan ada cinta ha ha ha, salam srubut dari Temanggung dan salam Kopi Nusantara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: