Oleh: mukidi | April 24, 2015

SPP dan Kemandirian

Simpan Pinjam Perempuan itu sebuah judul pinjaman untuk ibu-ibu. Simpanan itu bisa dipinjam melalui UPK setempat yang berada di wilayah Kecamatan masing-masing. Persyaratan untuk dapat pinjam disitu adalah berkelompok dan dikhususkan bagi RTM, minimal kelompok beranggotakan 5 orang.

UPK Kecamatan Bulu Temanggung mengadakan pelatihan bagi ibu-ibu yang dapat pinjaman dari program SPP di omah bambu lesehan Parakan. Pelatihan yang dibagi dua gelombong ini menghadirkan beberapa narasumber, ada yang dari tokoh masyarakat dari pihak UPK sendiri.

11160666_904313952964169_2582264850654195316_nPenulis yang diminta untuk memberikan materi tentang pengalamannya tentang sebuah kemandirian mencoba memberikan paparan konsep petani mandiri. Respon dari paparan menarik sekali walaupun tidak begitu banyak yang bertanya namun ketika dilihat dari aura terlihat bahwa konsep itu bisa diterima.

UPK Bulu Temanggung mempunyai gagasan untuk membentuk semacam gerai untuk anggotanya, mulai dari kelompok yang bisa bikin produk dan dijual disitu. Serta tidak menutup kemungkinan juga menyediakan bahan lainnya seperti kebutuhan rumah tangga lainnya.

Bagi penulis sendiri ide dari mas Gondo selaku anggota UPK, sesuatu hal yang wajar, karena sebuah kemandirian itu perlu.Dari konsep awal jelas sekali bahwa nanti laba dari penjualan akan dibagi kepada anggotanya, artinya laba tidak untuk perseorangan. Ini gagasan yang luar biasa dan harus didukung oleh semua pihak.

Penulis memberikan motivasi harus tahan uji, artinya dari awal harus bisa membuktikan bahwa mulai itu tidak gampang, namun kalau tidak mulai pasti tak tercapai tujuan itu. Selamat mas Gondo gagasan itu harus diwujudkan. oyaa bagi yang mau diskusi dengan mas gondo alamat facebooknya #Aq Dudu Gondo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: