Oleh: mukidi | April 18, 2015

Ngopi di #kopimukidi#Temanggung#kebunkethekan#Rumahkopimukidi

11158197_10206819612675324_1445068359_nSemakin semerbak bisnis kopi, biji kopi memang banyak cerita. Mulai dari budidaya, pasca panen, roasting hingga jadi sebuah bubuk. Menikmati kopi sambil cerita itu satu hal yang sangat menarik. Cerita bagaimana petani menanam kopi hingga cerita fungsi pohon kopi yang mempunyai nilai ekologi.

Budidaya kopi memang harus berfikir ekonomi jangka panjang, nilai ekonomi dari kopi tidak bisa diambil cepat, karena kopi baru bisa dipanen pada umur 2,5 s.d 3 tahun. Setelah itu baru kopi bisa dipetik tiap tahun, kopi hanya sekali panen dalam setahun. Usai panen juga harus ada yang namanya pemangkasan kalau ingin hasilnya baik tentunya pemupukan juga jangan ditinggalkan.

Rumah Kopi Mukidi yang beralamat di Dusun Jambon Desa Gandurejo Bulu Temanggung. Salah satu rumah kopi di Temanggung yang menyajikan kopi Temanggung, ada aneka brand yang diproduksi mulai dari kopijowo,kopilamsi hingga kopimukidi. Bagi pengunjung bisa melihat proses pembuatan bahkan sampai pada penyajian, hingga berbagi cerita tentang pengalaman tentang membangun konsep petani mandiri.

Begitu masuk ke Rumah Kopi Mukidi akan terlihat banyak potret yang terpajang di tembok semua hasil jepretan pemilik rumah kopi. Jepretan semuanya mempunyai cerita walaupun hasil jepretan tidak begitu sempurna, namum menunjukan cerita proses perjalanan.

Cerita kopi hingga berkebun akan didapatkan dari Mukidi, bahkan bisa diajak untuk berkunjung ke kebun kopinya. Melihat implementasi konsep petani mandiri di lahan juga ditunjukkan kepada tamunya. Sesekali juga mengajak tamunya untuk menikmati secangkir kopi di sekethek. Sekethek adalah lahan pertanian yang disitu banyak muncul kera ekor panjang.

Tentunya pemandangan ini menarik sekali bagi sahabat dan teman yang ingin berbagi pengalaman tentang secangkir kopi penuh cerita dan saudara bahkan cinta ha ha ha ha.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: