Oleh: mukidi | Januari 18, 2015

Berkumpul Membangun kemandirian Petani

maju 160115 (6) (816 x 612)1Setiap bertemu dengan petani, selalu aku paparan konsep petani mandiri, konsep tersebut bisa dilihat di kopimukidi.com. Bahkan orang atau petani, peternak selalu menanyakan apakah petani mandiri sebatas pada komoditas kopi. Kemandirian petani meliputi semua komoditas, jawab singkat saya waktu diskusi beberapa bulan yang lalu di kampung sawah temanggung.

Konsep petani mandiri yang saya implementasikan merupakan langkah kongkrit dan sekaligus pola contoh. Artinya seorang yang mempunyai gagasan harus bisa mengimplementasikan gagasannya. Gagasan dan konsep petani mandiri merupakan langkah untuk perbaikan tanah sampai pada perbaikan ekonomi petani.

Konsep itu sudah saya jalankan, langkah selanjutnya mengumpulkan beberapa petani memahamkan visi sehingga ada satu kepahaman terbentuknya wadah Tani Mandiri. aku mulai ketemu beberapa petani, kelompok tani, bahkan beberapa wirausahawan. Memaparkan konsep dihadapannya hingga membentuk sebuah lembaga formal untuk wadah tersebut.

rmh landak kelingan (31) (816 x 612)1Memang berat, kadang banyak yang pesimis mimpi itu terwujud, namun aku selalu semangat dan pasti akan menemukan orang yang sepaham dan bisa mewujudkannya. Jaringan petani yang sudah ada saya gunakan, saya kunjungi bahkan kenalan baru Banjarnegara, Wonosobo dan Pekolongan aku coba hubungi untuk mewujudkan mimpi bersama menuju kemandirian ekonomi petani.

Salam petani mandiri begitu salam yang selalu aku lontarkan, salam tidak sebatas salam, tapi harus terbukti sampai pada kekuatan ekonomi. Perlu perjuangan panjang membuktikan mimpi itu, rintangan, tantangan harus mulai disingkirkan. Ketika aku paparkan dibeberapa petani respon positif mulai mengalir, artinya titik titik terang sudah nampak bakal munculnya lembaga yang formal.

salam petani mandiri, menata lingkungan dan ekonomi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: