Oleh: mukidi | Desember 25, 2014

Belajar Potret Blusukan

blusukan 23 nop 2014 (39) (816 x 612)1Kegiatan kadang peduli 2014, yang dilakukan kadang Temanggung. Salah satu bentuk kegiatannya adalah belajar potografi dengan ahlinya. Pakar Potografi dari Institut Kesenian Jakarta sebagai narasumber dalam diskusi seminar potografi di Pendopo Pengayoman Temanggung. Kegiatan tersebut berlangsung tanggal 22 November 2014, diskusi hari pertama penulis tidak mengikuti.

Hari kedua, tempat penulis merupakan salah satu kunjungan kegiatan potret blusukan, yang datang Pak Fendi, Pak Hody, mas cuplis, mas fery, mas Hudi, dan banyak orang yang tidak bisa saya sebut satu persatu. Pengalaman bertemu dangan seorang master Potografi sekelas pak Fendi Seregar, bagi penulis merupakan hal yang luar biasa.

blusukan 23 nop 2014 (1) (600 x 450)1Bagaimana mengambil gambar dalam ruang terbuka, bagaimana matahari sebagai cahaya alami. Bahkan sampai bagaimana potret sebuah produk. Diskusi berlangsung lumayan lama, hingga akhirnya lanjutkan perjalanan ke candi Pringapus. Perjalan ke candi pringapus penulis ikut mas Joko.

Di Candi Pringapus juga tambah peserta lagi mas Beny Utomo CS, setelah diskusi banyak mengenal karakter candi,relief dan lainnya. Akhirnya perjalanan menuju situs Liyangan. Disitus itu melihat banyak batu yang telah patah disambung lagi, diskusi tidak begitu banyak. Rute terakhir di Jumprit. Hal yang menarik di Jumprit bisa melihat proses pengambilan air suci.

Dari Perjalanan potret blusukan itu akan mengasah kepekaan kita. Hasil jepretan real di lapangan bisa diperlihatkan kepada pihak siapapun sebagai kritik sosial, yang tujuannya untuk perbaikan bersama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: