Oleh: mukidi | November 9, 2014

Saudara Dengan Konsep Kemandirian

Sabtu pagi tepatnya 06.00 wib, 8 November 2014, saya keluar dari Rumah KOPI MUKIDI melangkah menuju tempat pak Wadi Dusun Wunut Desa Wonotirto Bulu Temanggung Jawa Tengah. Alasan melangkah karena dapat tawaran kopi luwak liar yang pak Wadi kumpulkan.

Raut wajah kebahagian nampak dari sosok petani yang sekaligus seorang ustad ini, sambil mengambil kopi luwak dan saya periksa ada akhirnya terjadi kesepakatan harga dan dibayar. Namun saya diskusi lama dengan Beliau, paparan konsep petani mandiri aku curahkan semua. Harapan saya sederhana, ketika pak wadi bisa proses kopi dengan standar yang saya inginkan maka harganya bisa lebih tinggi.

Bahkan cerita bagaimana jualan saya ceritakan jugake Bapak menekuni dekorasi temanten. Tentang fungsi media sosial untuk jualan, pak wadi sungguh tertarik dengan paparan saya, bahkan saya berjanjian akan menyajikan kopi dihadapannya dengan sedulur tani lainnya. Karena dia harus berladang maka saya akhirnya diskusinya.

Diskusi selanjutnya saya menuju ke Ketua Kelompok tani majumapan Dusun Grubug Desa Wonotirto. Pak Paryanto sebagai ketuanya, saya tanya tentang tingkat produksi kopi, karena adanya permintaan untuk panen tahun depan. Dia selalu bilang sangat banyak cuma keuangan ini yang jadi permasalahan. Saya mulai tawarkan sebuah kekuatan ekonomi mandiri entah namanya nanti apa tapi intinya bagaimana petani mempunyai kekuatan ekonomi mandiri. Bisa mereka iuran dengan hasil kebunnya dengan proses standar sehingga mutunya terjamin sehingga harga bisa lebih tinggi, ini merupakan simpanan awal.Bisa juga bisa iuran dalam bentuk uang, karena baru usai panen tembakau saya menambahkan usulan.

Diskusi terputus karena saya dikontak teman, saya mau ke TEmanggung antar teman ada pelatihan. Ini dari Bali, Pati, Sukoharjo, tapi belum tahu tempatnya oke nanti tak kontak lagi kalau sudah di Temanggung. Aku lanjut lagi diskusi ditambah Wahyu Widodo, aku diskusi tentang prospek pasar produk yang dipunyai kelompok tani yang pak Paryanto embannya.

waktu sudah menunjuk waktu 09.30 saya pamitan, e e e ketemu tukang yang bikin alat roasting kopi saya. Saya sempatkan mampir sebenar dan diskusi tentang alat kopi, perbaikan alat roasting. Grinder yang dibikin rapi dia menjawab sebentar nanti kalau sudah waktu luang tak kabari pak mukidi. Tukang las ini pernah saya tulis juga diblog saya naman Mardiyono.

Tidak lama diskusi karena dia sibuk lagi bikin rumah, akhirnya saya pulang karena juga belum sarapan ha ha ha ha, sampai rumah langsung sarapan. Belum lama duduk datang tamu Imam Satoto peracik kopi dari Warung kopi Srinthil Temanggung ambil kopi lanang dan roasting arabika Wonotirto. Tentunya diskusi kopi lah kalau dengan barista dan icip kopi pastilah. Belum lama juga dapat kontak dari orang yang order kopi untuk tahun depan, minta kejelasan dan kesiapan saya, dan dia berjanji dalam waktu dekat berkunjung ke Rumah KOPI MUKIDI di TEmanggung.

Masih lanjut diskusi dengan Imam Satoto hingga dinginnya arabika wonotirto, dan dikemas. Hampir 13.30 wib Imam Satoto pamit pulang karena harus menuju Warung Kopi Srinthil. Saya sendiri lanjut makan dan sholat Dhuhur. Teman kontak saya sudah di Temanggung, di Dusun KOPEN Medari, jemput ya. Bersiaplah menuju kelokasi tersebut untuk menjemputnya e e e e sampai sana malah saya didaulat untuk isi diskusi terpaksa aku paparkan konsep petani mandiri. Hingga pada strategi saya jualan, saya bilang media sosial dan jaringan pertemannya ini yang membantu saya. Saya isi diskusi kurang lebih 30 menit, usai itu aku pamitan e e e e mereka tertarik dan langsung berkunjung ke Rumah KOPI MUKIDI. Akhirnya mereka menikmati secangkir kopi di Rumah KOPI MUKIDI menilai menilai banyak kopi mulai arabika, blend, dan robusta, dia bilang inilah kopi Temanggung. Salam Sruput membawa keberkahan bersama.

Tinggalkan Balasan

Kategori

