Oleh: mukidi | November 8, 2014

Mencari Sahabat Dengan Kopi

Seminggu yang lalu tepatnya jum’at, 31 Oktober 2014, saya dan mas Imam Satoto melakukan perjalanan ke Banjarnegara. Imam Satoto seorang peracik kopi di warung kopi srinthil Temanggung. Banjarnegara berkunjung ke Teman kopi yang sering main ke Temanggung.

Namanya kopi gondoarum, yang punya mas Galih, Dia alumnus dari universitas di Jogja, sekarang tekun di perkopian. e e e berangkat dari Temanggung jam 07.00 sambil cerita tak sadar sudah sampai Banjarnegara dan istirahat sejenak di Pom Bensin wilayah Banjarnegara. Aku coba kontak mas Galih, alamatnya mana, jawabnya nanti sampai tugu alun-alun belok kanan sampai pojok belok kiri lampu bang jo belok kanan.

Kami mencoba mengikuti petunjuk itu tak lama ketemu dan dan mas Galih berdiri di dekat Jalan Besar dekat D’Joglo Cafenya. Kami diskusi banyak tentang kopi, tentang kekuatan petani sampai pada kekuatan ekonomi mandiri petani. Usai sholat jum’at kami lanjutkan icip menu di cafe miliknya jus sirsak dan indomie rebusnya. Diskusi berakhir sekitar jam 15.00 karena saya dan Mas Imam harus ke Wonosobo ketemu dengan Pak Edy di Selomerto.

perjalan sekitar 45 menit kami sampai rumah pak Edy, saya nunggu sebentar karena baru cuci mobil, tapi ada anak dan istrinya yang mempersilakan nunggu di ruang tamu. Pak Edy pulang baru kami masuk dan diskusi banyak ditemani putrinya cerita tentang petani,produk dan membangun jaringan.

lumayan diskusi hampir satu jam setengah, dan kami minta pamit pulang, karena sudah sore. Intinya bagaimana bisa tukar produk atau membangun jaringan sesama petani kopi. Bagaimana konsep kemandirian petani bisa dibagikan dengan teman-teman di Banjarnegara dan Wonosobo. Tentunya tidak cukup sekali ketemu perlu diskusi kontiyu, namun tulisan ini dulu, pertemuan selanjutnya ditulis lagi salam petani mandiri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: