Oleh: mukidi | Agustus 30, 2014

Perjalanan Adalah Pelajaran

Ingin belajar dan mau menerima ilmu baru tentunya harus menyadari bahwa diri selalu kurang keilmuannya dalam segala hal. Perjalanan bagi saya merupakan hal belajar keilmuan dengan banyak orang, mulai dari petani biasa, dari petani yagn sudah sukses bahkan dari seorang yang sukses dalam dunia bisnis hasil pertanian.

Dari seorang petani aku selalu belajar bagaimana keahlian olah tanah, pemeliharaan tanaman. Aku harus yakin bahwa petani itu orang yang hebat dan ahli dalam hal olah tanah dan pemeliharaan tanaman. Dalam diskusi dengan teman-teman yang telah sukses dalam wirausaha pertanian mengutarakan hasil dia ketika ke luar negeri. Katanya disana petani jarang sekali menjual barang mentah atau setengah jadi produk. Hampir rata-rata disana jualan produk pertanian yang sudah jadi, bahkan sudah bisa membuat produk olahan yang macam-macam dan selalu dipantau ketat baik oleh pemerintah dan lembaga yang kompeten.

Diskusi itu menarik bagi saya, bahkan semakin membuat saya yakin dan harus bisa begitu tekad kuat dalam pikiran saya. Saya harus mulai membangun jaringan dan kemitraan baik dengan petani, pasar. Diskusi dalam waktu yang lain juga ketemu orang yang pernah memperjuangkan kebijakan untuk sarana dan prasarana untuk pertanian, kata mereka pemerintah sebenarnya tidak usah kasih bantuan berupa permodalan, tinggal kasih peralatan-prosesing alat, karena petani itu sudah banyak yang pintar begitu.

menurut aku pribadi sebenarnya semua kembali kepada diri pribadi, ketika ingin membuat sebuah produk olahan hasil pertanian kita harus yakin bahwa produk nanti akan bisa bersaing dengan lainnya. Keyakinan itu harus apalagi produk yang akan dibikin adalah produk rumahan. Keyakinan ini yang jarang dimiliki oleh banyak petani kita yang tinggal di pelosok desa.

Proses untuk menuju keberhasilan itu perlu proses, menghargai dan bertahan menuju kesuksesan itu bertahan dalam proses. Melangkah dan menghargai sebuah proses merupakan langkah menuju kesuksesan sekaligus merupakan perjalanan pembelajaran yang luar biasa. salam dan semangat petani mandiri semoga ada dibenak petani-petani kita semuanya

Tinggalkan Balasan

Kategori

