Oleh: mukidi | Februari 22, 2014

Komunitas Bahasa Inggris di Rumah Tani Mandiri

Rumah tani mandiri, itulah nama yang berikan dan merupakan wadah untuk kumpul dan diskusi banyak persoalan mulai dari pertanian hingga lainnya. Kumpul atau bertemunya tidak hanya petani saja, namun tidak dibatasi masalah profesinya. Pertemuan tanggal 21 Pebruari 2014, merupakan pertemuan awal di rumah tani mandiri dengan komunitas bahasa inggris Temanggung.

komunitas bahasa inggris (21) (816 x 612)1Pertemuan di mulai jam 17.45 wib sampai dengan jam 22.00 wib di buka dengan paparan oleh penulis tentang konsep petani mandiri. Konsep yang sederhana ini mulai dari olah lahan, komoditas yang tanaman yang bisa menghasilkan secara harian, bulanan dan tahunan. Mengolah hasil pertanian jadi produk serta mampu menjual ini harus dilakukan tani mandiri.

Motto petani mandiri adalah menata lingkungan dan ekonomi, artinya bagaimana dalam olah lahan memperhatikan kaedah konservasi serta pemupukan memakai pupuk organik. Menumbuhkan kemandirian ekonomi dengan olah hasil pertanian jadi produk dan harus mampu menjual.

Paparan sederhana ini diikuti dengan menarik oleh komunitas bahasa inggris, sambil minum kopi yang disajikan penulis. Selain minum kopi juga ada cemilan yang disediakan penulis yaitu tempe goreng dan tahu susur. Tak ketinggalan komunitas bahasa inggris membawa cemilan martabak, dan keripik ketela rambat.

Komunitas bahasa inggris ini banyak diikuti oleh mahasiswa yang masih kuliah, namun banyak juga yang sudah bekerja di perhotelan. Dari hasil paparan menumbuhkan semangat bagi anggota komunitas untuk berfikir dan meningkatkan kesejahteraan petani, tentunya dengan keahliannya. Komunitas bahasa inggris banyak kenal dengan tamu dari asing, yang kadang ingin melihat pertanian dan hasil pertanian dan mereka belum menemukannya. Mungkin dengan pertemuan dengan penulis bisa membuka wacana sehingga pertanian bisa menjadi potensi yang menarik sebagai wisata. Semoga dari pertemuan awal ini bisa membawa manfa’at untuk semuanya salam petani mandiri menata lingkungan dan ekonomi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: