Oleh: mukidi | Januari 13, 2014

Menanam di Kampus Berwawasan Lingkungan

SDC10174 (816 x 612)1Sekolah ini terletak di lereng Sumbing tepatnya berdekatan dengan monumen meteorit dan goa Wonotirto. Sekolah yang sudah lama beraktivitas menanam dan kini juga sudah berhasil menghijaukan lokasi dengan bukti tumbuhnya banyak tanaman keras dilingkungan sekolah.

Sekolah ini tidak puas hanya sekedar menanam, namun selalu berupaya untuk bikin kegiatan dan menyadarkan anak melalui pendidikan tematik. Pagi ini 13 Januari 2014 penulis yang dari awal merintis untuk mewujudkan mimpi sekolah dikepung hutan dengan beberapa guru koordinator Pak Yunadi dan Pak Andung, menanam buah jambu dan manggis.

SDC10169 (612 x 816)1Sebelum mulai menanam pagi tadi diruang guru, penulis dengan wakil kepala sekolah dan beberapa guru diskusi untuk mengatasi masalah sampah. Salah satu langkah kongkrit yaitu membuat penampungan sampah, dan memisahkan yang organik dan non organik. Membuat tempat pembakaran sampah juga menjadi alternatif mengatasi sampah non organik.

Usai disepakati bersama tempat pembakaran sampah penulis menemui pesuruh, yang sekaligus mempunyai kantin disekolah. Sungguh terkejut ketika melihat pesuruh baru mengumpulkan sampah non organik berupa botol minuman teh, penulis sempat bertanya mau buat apa ? jawabannya sederhana dijual. Ini menarik dan mungkin merupakan bentuk tanggung jawab moral karena pemilik kantin. Terlepas dari itu memang pesuruh itu juga kreatif bahkan dalam diskusi sebelumnya pernah sampah non organik selalu dibawa pulang untuk bahan bakar.

SDC10181 (816 x 612)1Pagi yang agak gerimis Pak Andung selaku guru koordinator pendidikan lingkungan hidup baru proses belajar olah raga. Penulis minta waktu beberapa menit untuk mencoba menjelaskan aktivitas menanam dan jenis tanaman. Dari 2 tanaman buah, semua siswa belum pernah melihat tanaman yang daun lebar yaitu buah manggis.

usai penjelasan sebentar langsung mulai menanam, anak-anak terlihat riang gembira melakukan penanaman. penulis selalu mengingatkan besuk kalau tanaman ini sudah berbuah dan kamu sudah tua maka akan selalu ingat bahwa kamu sekalian sudah ikut menghijaukan sekolah dan memberi manfa’at untuk semuanya. salam lestari untuk semuanya.

Iklan

Responses

  1. mantab kang,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: