Oleh: mukidi | Januari 12, 2014

Penguat Teras, Dan Penghasilan Harian

Perbaikan lahan salah satu langkah kongkrit ketika olah tanah harus sesuai kaedah konservasi. Bagi penulis sendiri bagaimana menata lahan namun juga bisa menghasilkan secara ekonomi, tentunya semua itu melalui proses panjang. Penulis tidak selalu bermimpi yang tinggi ketika ingin mencari alternatif untuk penghasilan harian bagi petani lahan sempit.

DSC_0000795Banyak aktivitas petani yang semuanya ditanam dilahan menghasilkan secara ekonomi, namun manajemen menaman yang akhirnya bisa menghasilkan berkesinambungan di pedesaan belum diperhatikan. Mereka dalam hal ini petani kebanyakan masih selalu bersama ketika menaman komoditas, seolah-olah kalau beda dengan orang lain dianggap aneh.

Olah lahan sesuai kaedah konservasi sudah hampir sempurna dalam proses 6 s.d 7 tahun ketika awal beli lahan miring tanpa olah lahan yang benar. Tanaman tahunan juga sudah ada, tanaman musiman tak tinggal kini penulis mencoba penguat teras dengan sereh sayur. Mungkin orang melihat selama ini, sereh sayur tidak begitu menarik apalagi dari sisi ekonomi. Namun sereh sayur mempunyai nilai manfa’at yang luar biasa ketika dikelola dengan benar, satu sisi bisa berfungsi untuk penguat teras dan dalam jangka panjang bisa menghasilkan ekonomi.

Dalam beberapa diskusi dengan petani yang telah menanam sereh sayur, untuk harga per ikat sereh sayur 350 s.d 500 rupiah. Mungkin harga ini tidak begitu menarik, namun ketika semua teras dilahan ditanami sereh sayur pasti akan bisa menghasilkan banyak ikatan sereh sayur. Penulis hanya membanyangkan kalau kedepan bisa panen per 100 ikat tiap harinya pasti bisa membantu perekonomian keluarga dan ini juga bisa menjadi penghasilan harian.

Kuncinya berani memulai, karena ketika panen baru akan tahu hasilnya. Sekecil apapun ketika kita mulai pasti akan bisa menghasilkan, sebesar apapun kalau hanya mimpi dan cita-cita tapi tidak pernah mau mencoba hanyalah sekedar mimpi saja. salam petani mandiri menata lingkungan dan ekonomi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: