Oleh: mukidi | Desember 13, 2013

Tak Kan Berhenti

sadikunPerjalanan penulis menemui banyak petani-petani mulai dari petani dataran tinggi, sedang dan dataran menengah, semakin menambah semangat untuk selalu bergelut dalam pertanian. Mulai dari Kemuning Bejen ada Sadikun yang pernah jadi Kepala Desa 2 periode ini diusia yang sudah tua sangat asyik memelihara kopi sampai lupa waktu. Gerimis tak jadi kendala untuknya untuk membersihkan gulma dengan suara brisik alat pemotong rumputnya.

Sadikun juga semakin prihatin dengan berkurangnya lutung jawa di sekitar alas kemuning. Semangat untuk bertani, dan perduli dengan lingkungan ini yang harus kita acungkan jempol pada sosok Sadikun. Bahkan potensi alam juga jadi impian untuk bisa menjual Kemuning Bejen jadi dikenal dan dikunjungi banyak orang, namun perlu banyak orang yang terlibat.

Generasi tua yang lain, Suratman, setelah purna tugas tetap semangat bertani dan belajar untuk meningkatkan potensinya dalam hal budidaya kopi. Belakangan Dia, sudah petik kopi merah, namun apa yang dia lakukan ternyata dibohongi oleh rekanannya. Dia tidak putus asa, tetap semangat dan lebih hati-hati sekarang.

suratmanSuratman yang domisili di Winong Candiroto ini, terlihat bagaimana semangat menata kebunnya tidak hanya sekedar omong kosong. Dia mengamati kelebihan dan kekurangannya dalam hal sambung kopi, mulai sambung sogol, dan satang, bahkan bagaimana membentuk kopi. Penulis melihat kondisi kebunnya, bagaimana dia membuat kompos, serta membuat rorak untuk di dekat pohon kopi.

Ratman begitu panggilan akrabnya juga mempunyai kopi yang hampir punah di kebunnya yaitu kopi elselsa, menurutnya ini kopi yang paling enak bahkan ketika dibikin bubuk aromanya bisa imbang dengan arabika. Semangat dua sosok dari utara Temanggung ini seharusnya membangkitkan pemuda-pemuda tani agar selalu semangat bertani.

 

Iklan

Responses

  1. semangat terus pak…hidup petani dan hidup di pertanian


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: