Oleh: mukidi | November 13, 2013

Gulo Semut Aren

SDC10024 (612 x 816)1 gula semut (1) (816 x 612)1Temanggung banyak pohon aren, namun sekarang mulai langka. Manfa’at aren sangat banyak mulai dari menyerap air, ijuk untuk untuk resapan, bikin sapu, hingga jadi gula aren,bahkan gula semut.

Sebenarnya ini potensi yang luar biasa untuk bisa jadi ekonomi harian bagi usaha rumahan di desa. Beberapa Kecamatan penghasil gula aren untuk wilayah Temanggung Kecamatan Kandangan ada dibeberapa titik Tlogopucang,Margolelo, Kedawung dan ada beberapa desa lainnya.Kecamatan Gemawang ada di Desa Muncar.

Namun petani masih sangat sederhana, dalam hal mencetak gula aren. mereka masih menggunakan tempurung, ini perlu hal baru untuk meningkatkan tampilan biar terlihat semakin baik secara visual, sehingga bisa bersaing di pasar. Wirausaha pertanian masih berkutat dalam pasar tradisional.

Usahan rumahan ini sebenarnya mempunyai peluang yang menjanjikan bahkan kalau dikelola dengan baik akan menjadi usaha yang bisa diwariskan. Dalam diskusi dengan salah satu pemilik pohon aren di Desa Margolelo beberapa hari yang lalu, penulis menyimpulkan perlunya cetakan, packing, dan penjualan.

Cetakan gula aren bisa dibikin menarik kecil-kecil,dipacking dengan baik tentunya mempunyai daya jual yang tinggi. Keberanian menjual juga harus ada ditumbuhkan, tentunya ini perlu proses panjang. Salah satu nya menumbuhkan keberanian bagi anak petani yang lulus SLTA atau SMK agar mau dan berani menjual hasil pertanian yang sudah dikemas dengan baik, bagi penulis menyebutnya inilah WIRAUSAHA PERTANIAN, sekaligus menciptakan lapangan kerja baru.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: