Oleh: mukidi | September 22, 2013

Petani Itu Harus Sabar

1236375_157234837816671_1702719887_nBeberapa hari yang lalu banyak tamu berkunjung ke rumah penulis. Profesi penulis yang sebagai petani, dan mempunyai motto “Petani Mandiri Menata Lingkungan dan ekonomi” menjadi daya tarik tersendiri ketika memaparkan konsep tersebut kepada tamunya.

Permasalahan olah tanah yang tidak sesuai dengan kaedah konservasi tidak cukup dalam seketika jadi untuk pembenahannya. Mulai dari membuat teras, bahkan jadi adanya tanaman, sabar menunggu merupakan kunci keberhasilan seorang petani.

Konsep mengembangkan membuat produk hasil pertanian menjadi produk jadi dan mampu menjualnya merupakan langkah lebih maju. Hal ini harus dilakukan oleh petani, ataupun kelompok tani, agar lebih kuat secara ekonomi. Kebanyakan petani belum berani untuk menciptakan pasar, sebenarnya pasar akan bisa tercipta dengan baik ketika petani mempunyai produk yang baik.

Sebagai petani yang masih muda, sudah seharusnya contoh untuk lebih maju dalam hal olah tanah, budidaya, hingga olah hasil pertanian. Banyaknya tamu yang datang ke rumah penulis semakin menumbuhkan keyakinan bahwa pertanian ketika bisa menghasilkan produk pertanian yang benar akan dicarinya.

Artinya bertani dengan baik dan benar akan bisa menghasilkan lebih baik tentunya. Kesabaran menunggu hasil juga mempengaruhi, artinya mampu dan mau menanti hasil juga menentukan sebuah keberhasilan. salam petani mandiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: