Oleh: mukidi | September 17, 2013

Petani Harus Mampu Mengenal, Sajikan Hasil Pertanian

DSC_0000458Mengenali diri sendiri memang sulit, tidak semudah ketika mengoreksi orang lain. Tak kecuali ketika mengenal lahan pertanian mulai dari kecocokan komoditas di lahan. Kemampuan mengenal ini tidak cukup melihat saja, namun berani mencoba dan membuktikan, apalagi selalu beda dengan petani lainnya.

Keberanian serta kemampuan mengolah hasil pertanian serta berkeyakinan bahwa hasil dari ladang juga baik, ini perlu pembuktian. Langka membuktikan ini tidak cukup berkampanye saja tentang produk, namun bukti produk baik dan berkwalitas jadi taruhannya. Beberapa waktu penulis kedatangan banyak tamu, mulai dari luar negeri, dan tentunya dalam negeri juga datang ke rumah penulis.

Ternyata para tamu, juga melihat lahan milik penulis yang berprofesi petani, walaupun kebun hanya sejengkal dan berisi komoditas kopi. Bebarapa tamu tertarik dengan biji kopi kering, bahkan mereka berkeyakinan bahwa arabika Temanggung mempunyai karakteristik tersendiri. Langkah mengenali kopi ini, harus dilakukan oleh petaninya, dari petik yang benar, proses jadi kering, roasting serta penyajian.

Tentunya tidak harus menggunakan alat mahal, namun dengan alat seadanya petani harus mampu membuat yang terbaik bagi pemakai produknya. Petani pun harus berani menyediakan produknya untuk dinikmati orang lain, tentunya juga siap menerima kritik yang bertujuan untuk meningkatkan kwalitas produknya.

Berbicara kopi jadi produk siap saji tak terlepas dari sangrai. Bagitu berbicara sangrai petani kadang terobsesi harus menggunakan alat yang mahal. Sebenarnya untuk sekedar mengenal dan membuktikan kwalitas produk baik dan bisa dinikmati petani sendiri bisa menggunakan alat dapur yang ada.

Intinya berani mencoba dan melangkah merupakan langkah nyata untuk membuktikan kemandirian seorang petani. salam petani mandiri “menata lingkungan dan ekonomi”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: