Oleh: mukidi | Agustus 30, 2013

Saling berbagi

BS4KYafCMAAfdJ3Awalnya kenal lewat twitter dan facebook dengan Pepeng escoret alamatnya ini https://www.facebook.com/pepeng.escoret?fref=ts yang punya konsep klinik kopi . https://www.facebook.com/pages/Klinik-Kopi/478888792205251?fref=ts. Perkenalan awal cerita tentang kopi lewat facebook dan twitter tersebut akhirnya bertemu darat dengan kunjungan ke rumah penulis.

Diskusi di rumah penulis banyak persoalan tentang kopi mulai dari petik yang benar, sampai pada proses jemur hingga finalnya pada sangrai. Berbagi mulai dari budidaya yang dilakukan penulis kurang lebih 5 tahun dalam menekuni budidaya dan baru satu tahun mulai memperkenalkan hasil paska panen.

Pengalaman penulis mendapat respon baik dari pepeng dari sisi budidaya, namun persoalan sangrai menurutnya masih banyak belajar. Prinsip belajar ini yang selalu ada dibenak penulis, sehingga begitu ada kritik langsung mengejar ketertinggalan. Tidak hanya di rumah penulis namun Pepeng juga melihat kebun penulis, “wah arabika bisa gede segini” ini merupakan bukti keterkejutan pepeng yang biasanya melihat arabika itu kecil.

Penulis di undang ke klinik kopi untuk berbagi dengan pasiennya tentang budidaya kopi, tepatnya bulan juli kalau tidak salah tanggal 27 Juli 2013. Kehadiran penulis di klinik kopi menarik dan banyak diskusi dengan pasien, mulai dari cara tanam, pemeliharaan, bahkan usai panen. Diskusi sampai malam, tanpa sadari hingga waktu sahur tiba.

Kedatangan ke 2 penulis ke klinik kopi tadi malam, tepatnya 29 Agustus 2013, membawa biji kopi mentah orderan klinik kopi. Penulis juga membawa hasil sangrai kopi arabika spesial dan lanang, begitu ditunjuki wah sudah semakin baik pak mukidi hasil sangrainya begitu katan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: