Oleh: mukidi | Agustus 26, 2013

Jamur Trico Mekar Tani Jaya

DSC_0000543Kelompok Mekar Tani Jaya dalam pertemuannya berdiskusi tentang kemandirian, memang diskusi itu menghasilkan pro dan kontrak itu hal yang biasa. Salah satu hasil diskusi kemandirian kelompok adalah bagaimana tanah dan tanaman bisa sehat. Bentuk riil untuk menyehatkan tanah adalah membuat jamur tricodarma.

Jamur antagonis ini banyak petani yang belum membuatnya, bahkan ada yang dapat bantuan fasilitas alat lengkap namun tidak digunakan. Penulis yang sekaligus anggota kelompok di Mekar Tani Jaya mengajak kepada anggota mekar tani jaya untuk mencoba mengembangkan Jamur Trico dengan alat yang penulis punya.

Apa yang ditawarkan penulis mendapat respon, namun dalam pelaksanaan kegiatan pembuatan jamur trico yang hadir hanya beberapa petani muda, 5 orang dari 24 anggota kelompok. Bagi penulis selalu menekankan untuk mulai memang dari kecil, dan orang selalu tidak pernah melihat sebuah proses. Yakin saja nanti kalau jamur trico ini berhasil ini salah satu langkah kemandirian untuk menyehatkan tanaman dan tanah.

DSC_0000545Senin 19 Agustus bertempat di rumah penulis membuat jamur trico hanya 6 orang. Sambil diskusi penuh keyakinan bahwa ini akan menghasilkan keberhasilan yang luar biasa. Apa yang menjadi keyakinan ternyata terbukti, setelah 3 hari terlihat bintik-bintik hijau tanda jamur trico jadi. Kebahagiaan ketika kabari itu penulis sebarkan ke 5 orang tersebut, semua pada datang dan melihatnya.

Ada dari ke-5 orang itu menanyakan lalu penepungannya pakai apa? banyak pertanyaan, penulis jawab tunggu sampai penuh jamur hijaunya, jangan jangan pernah menyerah dan harus mau membuktikan. Yakinlah kalau ini berhasil nanti banyak orang disekitar kita akan mengikutinya. Salam petani mandiri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: