Oleh: mukidi | Agustus 16, 2013

Peternakan Dan Pertanian

Dua hari yang lalu, saya dapat telpon dari teman, umur lebih muda dari penulis. Lebih dari 30 menit kontak saya, aku bilang nanti pulsa kamu habis, jawabnya lagi dapat bonus begitu sambil tertawa. Intinya dalam telpon dia bilang ingin menekuni dunia pertanian sebagai orang desa dan ingin bergelut di pedesaan.

Pagi harinya dia SMS, saya mau ketempat anda pagi ini, sebelum jam 12.00, oke sebelum jam 09.00 saya tunggu jawab penulis. Ternyata dia tepat datang sebelum jam 09.00, akhirnya terjadi diskusi yang menarik.

Dia telah banyak malang melintang bekerja, mulai dari sebagai karyawan, jualan soto, dari kota hingga ke kota lainnya. Namun apa yang dia dapat, ternyata hanya sebuah kesenangan saja. Setelah dia merenungi dari perjalananan ternyata dia menentukan untuk tetap tinggal di desa tempat lahirnya ingin beternak dan bertani sayur.

Alasan sederhana kemauan beternak didukung ayahnya yang penjual kambing setiap 5 hari sekali ke pasar hewan Ngadirejo, atau pasar hewan Temanggung. Ini merupakan peluang katanya, karena pasar jelas sudah ada. Namun saya ingin beternak kambing yang tidak mencari rumput katanya.

Penulis mencoba memberikan saran dalam usaha apapun kuncinya tekun, dan tidak malas belajar. Didunia peternakan jelas bermain dengan nyawa ini harus hati-hati, belajar seluk beluk peternakan memang rumit. Tetapi kalau berhasil luar biasa, ternak dan pertanian jelas mendukung. Penulis menjelaskan ketika ternak bisa jadi, dari kotoran ternak bisa untuk pupuk organik jelas ini sangat dibutuhkan tanah agar sehat.

Dari diskusi itu, dia membawa pupuk cair yang penulis pernah buat. semoga bermanfa’at untuk dia dan mau membangun desanya. Penulis juga berjanji akan main ketempatnya. tak lupa penulis juga senang sekali ketika banyak anak muda yang ingin menghasilkan karya sekecil apapun didesanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: