Oleh: mukidi | Juli 23, 2013

Sokokembang, Lutung dan Owa Jawa

DSC_0000501Perjalanan malam dari Bulu Temanggung naik mobil kecil tanpa terasa lelah, saya ngobrol dengan mas Wawan yang nyopir dan sekaligus peneliti satwa langka alumnus kehutanan UGM. Pak Kasturi yang menemani dalam mobil tertidur mungkin kelelahan.

malam hari jam 24.00 lebih sedikit sampai di Dusun Sokokembang, masih banyak petani yang diskusi di rumah pak Kasturi di temani peneliti satwa langka lainnya, anto dan aknes. Penulis juga ikut gabung diskusi sampai jam 2 dini hari, terasa ngantuk dan petani juga mulai pada pulang akhirnya aku tidur.

Saur malam itu jam 4 dini hari, dengan tempe begitulah menu yang ada di rumah Kasturi. Pagi harinya aku melihat pemandangan luar biasa hutan alam mengeliling dusun ini, suara owa dan lainnya terdengar bersahutan. Terlihat juga diatas genting bekas alat untuk listrik tenaga matahari, namun sekarang sudah tidak terpakai.

selama hidup penulis belum pernah menemukan hutan alam yang rimbun terutama diwilayah Temanggung.  Tepat jam 8 pagi ibu-ibu yang mau pelatihan tentang usaha dan pengolahan kopi sudah siap. Akhirnya aku mulai berbagi ilmu tentang perkopian.

Sore hari aku berjalan dengan mas wawan, antok,dan aknes yang semuanya peneliti, keluar dari Dusun sambil nunggu sa’atnya buka. e e e di perjalanan melihat owa jawa mengelantung di pohon. sedikit tambahan bahwa di Dusun Sokokembang Desa Kayu Puring Petungkriyono ini sulit sinyal, jadi kalau mau komunikasi tidak bisa.

Perjalanan sampai diperbatasan hutan alam dengan perkebunan karet, indahnya hutan alam yang luar biasa, membuat kekaguman sendiri bagi penulis bahkan terbangun mimpi kapan aku bisa bikin hutan seperti ini ya, kata-kata ini sempat keluar juga. Turun menuju pasar Doro cari makan untuk buka, wah dalam perjalanan banyak sekali orang-orang lagi melihat Lutung Jawa yang bergelantungan di pohon, ini seperti kebun binatang kata saya dalam mobil. Mungkin ini dulu cerita dari Sokokembang dusun kecil dikepung hutan, salam lestari

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: