Oleh: mukidi | Mei 8, 2013

Arabika Nempel Robusta

DSC_0000361Kopi arabika hidupnya di dataran agak tinggi mulai dari 800 dpl keatas. Arabika di wilayah lereng Sumbing jarang sekali yang melakukan penyambungan atau stek. Hampir semua petani di wilayah atas daerah lereng gunung tidak melakukan perawatan kopi arabika dengan baik. Kopi hanya diumbar saja begitu orang menyebutnya.

Saya awalnya tanam kopi jenis Robusta dan bibit minta dari wilayah Desa Congkrang Bejen. Namun belum mulai buah sampai sekarang, mungkin terlalu dingin, atau memang tanah tempat saya tak biarkan tanpa pupuk kimia dan minim olah tanah.

Aku terpikir untuk menyambungnya kopi tersebut, sengaja aku pakai batang bawah robusta yang sudah ada. Arabika di kebun yang tanahnya subur bijinya besar dan memang beda dengan jenis arabika punya yang lain. Saya ambil entres dari arabika punya saya sendiri, dan menempelnya sekaligus merupakan batang atas.

Apa yang saya tempel ternyata berhasil, entres mulai tumbuh baik. berarti tahun depan sudah bisa mulai buah. Kopi memang butuh waktu lama, dan aku menganggapnya merupakan tabungan lingkungan dan ekonomi.

 

Tinggalkan Balasan

Kategori

