Oleh: mukidi | April 29, 2013

Petani Berwirausaha

kopi 3 kemasanSejak sekolah dasar ketika aku ditanya cita-cita oleh guru selalu menjawab menjadi orang yang sukses. Tentunya wajar ketika aku tidak bisa spesifik menjawabnya karena aku  wong gunung, dan merupakan desa terakhir ketika harus menuju ke puncak Gunung Sumbing. Tepatnya Desa Wonotirto Kecamatan Bulu.

Rupanya cita-cita untuk menjadi orang sukses itu selalu terbawa hingga sampai pada sekolah lanjutan. Pada sekolah lanjutan aku bermimpi ingin menjadi petani yang berdasi, waktu itu aku masih duduk dikelas 3 sekolah menengah pertama. Cita-cita aku jadi bahan ketawa oleh teman saya yang dari wilayah parakan dan lainnya.

Bagi aku ketawa teman merupakan motivasi untuk bisa mewujudkan mimpi itu, hingga sampai kapan pun. Bila aku ke ladang, aku selalu berfikir bagaimana petani tidak terlilit hutang, karena di wilayah tempat tinggal aku banyak petani yang berhutang untuk modal tanam. Mimpi aku ingin jadi petani berdasi semakin bersemangat, bagaimana bebas hutang dan mandiri.

aku mencoba membangun jaringan dengan teman-teman NGO dari jogja uji coba tembakau organik dan lainnya. Hingga pada sa’at ini aku mencoba tanam kopi jenis arabika dan olah hasil serta memasarkannya. Terimakasih kepada semua teman yang telah mendukung aku untuk mewujudkan cita-cita kecilku. Akhirnya bagi yang mau menikmati kopi silakan order ke aku ha ha ha selamat menikmati kopi hasil petani. Minum kopi jowo ikut mensejahterakan petani.

Tinggalkan Balasan

Kategori

