Oleh: mukidi | Maret 31, 2013

Sortasi Kopi

DSC_0000267Kopi hampir semua orang mengenalnya, namun memelihara hingga sampai pada tahap sortasi biji, belum tentu semua orang tahu termasuk petaninya. Kebanyakan petani petik biji kopi masih jotos artinya ijo atos, hijau dan keras begitu kalau saya menerjemahkan. Saya sebagai petani yang mau membuat perubahan dari budidaya, olah hasil pertanian hingga menjualnya harus benar-benar tahu proses sortasi yang benar.

Prinsip saya ketika ingin memberi tauladan kepada petani lain, kita harus melakukan dulu dengan benar hingga berhasil. Ketika keberhasilan itu sudah nampak pasti petani lainnya akan meniru atau mengikutinya. Walaupun masih kecil namun ketika bisa menghasilkan kwalitas yang baik dalam hal pengolahan hasil pertanian saya yakin pembeli juga tahu hal itu dan selalu akan membelinya.

Ternyata masih banyak petani yang menjual kopi dicampur ada yang biji hitam, pecah,besar dan kecil.  Biji kopi itu tidak langsung saya bikin bubuk kopi, namun saya sortasi terlebih dahulu, biji kopi yang hitam jelas dibuang karena kalau dibikin bubuk tidak akan enak rasanya. Biji kopi besar, kecil dan pecah harus dipisahkan dalam sangrai. Pemisahan ini bertujuan dalam kematangan biji ketika disangrai biar seragam.

Sudah jadi bubuk siap jual, proses ini masih saya lakukan sendiri, dan yakin ke depan akan bisa menjadi petani mandiri. salam petani mandiri

Tinggalkan Balasan

Kategori

