Oleh: mukidi | Maret 19, 2013

Berbagi Akan Bertambah

Para pramuka lagi di kenalkan dengan biji kopi yang telah tunas, harus tahu lhooo jangan sampai lupa

Para pramuka lagi di kenalkan dengan biji kopi yang telah tunas, harus tahu lhooo jangan sampai lupa

Berbagi pasti akan bertambah, ini prinsip yang ada didalam pikirku. Sederhana dalam menerjemahkan ketika membagikan pengalaman atau menularkan virus ilmu kepada satu orang maka akan tambah satu, begitu seterusnya. Ilmu satu ketika ditularkan kepada 100 orang akan tambah jadi 101 plu dengan pemiliknya ha ha ha ha ini pikiran saya tentunya banyak yang setuju.

Berangkat dari hal sekecil apapun, punya ilmu sekecil apapun ketika ada orang ingin belajar, ngasuh kaweruh jangan terlalu pelit. Karena ilmu dibagi tidak akan habis, semakin dibagi semakin pinter je ha ha ha ha

Melihat kondisi pertanian di lereng gunung, dalam pengolahan tanahnya banyak yang tidak memperhatikan kaedah konservasi. Hal ini mengundang ke prihatinan untuk berbagi dan menularkan sedikit pengetahuan dengan petani, pemuda tani dan mungkin banyak pihak yang perduli terhadap kondisi pertanian ke depan.

Bukan hanya olah tanah, jenis tanaman juga harus dipadukan, mulai dari tanaman semusim dan tahunan. Hasil dari lahan juga harus disetting bisa menghasilkan harian, bulanan dan tahunan. Ketika petani sudah bisa menghasilkan hasil harian, hingga tahunan mereka juga harus olah hasil pertanian dan memasarkannya.

Kalau petani bisa memasarkan dan menguasai pasar sudah pasti akan jadi petani mandiri alias petani berdasi ha ha ha. salam petani mandiri banyak jalan lain ke Roma begitu orang bilang, artinya banyak jalan untuk menjadi petani mandiri tergantung kemampuan dan kemauan dan selalu semangat ha ha ha .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: