Oleh: mukidi | April 15, 2012

Tidak Boleh Tinggal Tidur

Kalau tidak salah 4 tahun yang lalu, saya ngobrol sama petani tanaman keras. Pak Sadikun namanya, dia menanam kopi, sengon dan tanaman lainnya. Aku masih teringat kata dia, kalau tanam tanaman keras itu bisa ditinggal tidur.

Mendengar kata Pak Sadikun itu aku kadang percaya dan tidak, dalam hati kecilku berkata apakah benar ya?. Sambil ingin membuktikan apa yang dikatakan Pak Dikun, aku menanam sengon, dan memang tidak saya pupuk, dan pangkasnya juga terlambat.

Sudah 4 tahun perjalanan sengon ditanam, ternyata ada yang tumbuh baik dan kena hama juga. Artinya bahwa menanam itu tidak boleh ditinggal tidur. Tanaman keras lainnya seperti kopi arabika yang dilahan ketean, tanpa saya rawat dan seperti kata Pak Sadikun itu, kopi saya biarkan begitu saja. E rumput begitu banyak mengeliling pohon kopi, rumputnya sudah melebihi ketinggian pohon kopi.

Kopi memang hidup tapi tidak begitu baik, intinya walaupun tanaman keras tidak boleh ditinggal tidur harus dirawat dan dipupuk. Bagaimana biar tidak ditinggal tidur, saya mencoba mengajak petani untuk bekerjasama menggunakan lahan milikku dengan baik. Petani saya persilakan untuk mengolah lahan dan menanami tanaman apapun asal kopi dirawat.

Harapan aku dengan pola seperti ini, tanaman kopi miliku akan terawat dengan baik. Aku mencoba melihat yang sudah ada tanaman selain kopi, ya lumayan sudah bersih dari rumput, walaupun kopi belum maksimal pertumbuhnya, tapi aku yakin kedepan kopi ku akan semakin baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: