Oleh: mukidi | April 1, 2012

Hitung Buah Kopi Arabika

Belajar jadi petani memang perlu, termasuk menghitung hasil pertanian. Aku memang anak petani, namun aku mengeluti pertanian belum begitu maksimal. Mecoba tanaman keras sering aku lakukan, mulai dari sengon, kopi dan masih ada pohon lainnya.

Kopi arabika yang aku coba tanam sudah mulai berbuah, umur sekitar 3 tahun. Walau baru sedikit buahnya, namun aku bermimpi dari hasil kopi nantinya harus bisa mencukupi kebutuhan keluarga.

Aku mencoba menghitung satu dompol kopi, satu dompol kopi merah keluar 50 gram. Kalau satu satang bisa 10 dompol maka sudah menghasilkan 0,5 kg tiap satang kalau satu batang bisa sampai 2o satang, berarti sudah 10 kg.

Tiap batang menghasilkan 10 kg kopi gelondong merah, dengan harga per kilo Rp 5.000 gelondong merah wah sudah lumayan, impian ini harus bisa terwujud. Tekun dan selalu merawatnya pasti akan bisa tercapai mimpi besar ini.

Tinggalkan Balasan

Kategori

