Oleh: mukidi | Februari 14, 2012

Gulo Aren

Pohon aren, hampir semua bagiannya bermanfa’at, dan salah satu bahan utama gula aren adalah dari nira. Dopokan merupakan salah satu Dusun dari Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Aren di Dusun Dopokan merupakan tanaman yang tumbuh secara alami, artinya pohon ini tidak di budidayakan atau di tanam oleh petani. Pohon ini tumbuh dari biji  aren yang di makan luwak. Walaupun pohon aren hasil budidaya dari luwak tetap dirawat oleh petani Dopokan, bahkan ada juga yang tanam pohon aren.

Salah satu petani yang tanam pohon aren adalah Robingin dan Asrori, mereka tanam pohon aren pemberian cuma-cuma dari Piranti Works sebuah perusahaan yang bergerak dalam kerajinan dengan produk yang terkenal radio kayunya.

Alasan Robingin sangat sederhana kenapa mau tanam aren, bahwa gula tidak akan turun termasuk harga gula aren. Mungkin petani ini sudah menikmati hasil dari gula aren, karena tiap hari Robingin menghasilkan 5 kg gula aren.

Kalau gula aren per kilo di tingkat petani dengan harga Rp 10.000 artinya Robingin akan mengantungi uang tiap hari Rp 50.000 kalau selama satu bulan Dia sudah mengantungi Rp 1.500.000. Hanya dengan bekal ketekunan, karena tiap pagi dia harus ambil nira yang sore harinya dipasang, dan paginya Dia pasang dan sorenya diambil, begitu kegiatan tiap harinya.

Disela-sela waktu siangnya Dia tetap bisa mengerjakan pertanian yang lain, seperti merawat kopi, atau merawat tanaman lainnya. Pokoknya pada jam harus ambil nira aren tidak boleh diganggu, walaupun hujan harus berangkat.

 

Iklan

Responses

  1. gula semut ada pak?

    • tidak ada. saya lagi belajar bikin gula semut


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: