Oleh: mukidi | Juli 12, 2010

Petani, kopi dan lingkungan

Belum lama diskusi dengan pemuda tani, topik diskusi mulai dari pilkades yang mau diadakan hingga kopi sampai pada lahan yang rusak. Kurangnya informasi pada petani banyak sebab, tidak maunya para atasan memberikan informasi dan petani tidak mau mencari informasi. Dalam hal lain petani masih tidak mau kumpul dan diskusi membahas persoalan mereka sendiri.

Petani yang tidak mau kumpul (pertemuan) selalu bilang pertemuan mau bahas apa, pertemuan kok rutin begitulah kata-kata yang akan muncul. Kumpulan banyak manfa’at berbagi informasi dan sebagai ajang silaturahmi. Tak sengaja dalam kumpul kecil muncul beberapa petani untuk minta kopi, dia bilang mau tanam dengan luasan lahan miliknya. Kopi dan batas terasnya mau ditanami rumput untuk pakan ternak.

Diskusi itu berkembang sampai kerusakan lahan. Konon lahan di Wonotirto dulu berteras baik, namun ada yang bilang kalau mencangkul sulit dan lama terus digebrus semuanya. Sehingga nampak seperti kondisi sekarang ini. Untuk mengembalikan lahan seperti semula sudah sulit kerena generasi muda tani juga cara mencangkulnya digebrus semua. Hingga sekarang masih bermimpi kapan lahan bisa tertata dengan baik lagi.

Yakin kalau lahan bisa tertata dengan baik, mulai dengan yang kecil dengan menanam tanaman tahunan. Kopi arabika mungkin ini bisa jadi alternatif untuk perbaikan lingkungan, walaupun agak lama untuk bisa menghasilkan ekonomi. Bagaimana sebelum kopi bisa menghasilkan? mungkin bisa dengan tanaman lain, kimpul, singkong. Kimpul kini terlupakan, jarang sekali orang yang tanam kimpul, padahal ini juga lumayan laku lhoooo? tidak hanya kimpul bahkan jagung pun juga jarang ditanam petani pengunungan sekarang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: