Oleh: mukidi | Mei 23, 2010

Teras dan erosi

Membuat lahan pertanian jadi lebih baik tentu menjadi harapan semua orang tidak hanya petani. Bagi orang yang cinta lingkungan juga tertarik, karena dengan lahan baik akan bisa mengurangi erosi dan tentunya longsor.

Aku mencoba memulai menata lahan kebun yang sudah ditanami kopi, sengon dan jabon. Dan bantaran sungai ada tanaman kaliandra, sebagian ada mahoni dan suren. Walaupun lahan pertanian yang aku punya tidak begitu luas, tapi harus mulai berbenah menata lahan biar tidak terjadi erosi yang semakin tinggi.

Tidak hanya dalam penataan teras, semua tanaman dalam lahan saya, aku perlukan dengan organik. Bukan berarti ketinggalan kenapa teras kok dibelakang, dalam membuatnya. Bagi saya perbaikan lahan tidak ada kata terlambat, sebenarnya lahan sudah dibikin teras namun belum sempurna.

Minggu pagi aku berangkat ke kebun dengan satu tenaga kerja, sekalian memberikan pengertian tentang fungsi teras, yaitu menghambat lajunya air dan sudah pasti akan mengurangi erosi. Walaupun dalam lahan juga agak sulit memulai karena tanaman sudah tumbuh baik dan untuk bikin saluran air ini yang harus memindah beberapa tanaman dan harus hati-hati juga supaya tidak rusak akarnya.

Memang lama untuk penataan lahan, namun saya yakin bahwa ini bisa dilakukan. kalau lahan ini bisa jadi, akan memberikan contoh bagi lahan yang ada disekitarnya. Niat besar memang harus dimulai dari yang kecil, dan memang harus berfikir dan bekerja keras. Dengan kerja keras akan bisa menyelamatkan lahan dan tentunya nanti akan memberikan hasil yang luar biasa

Tinggalkan Balasan

Kategori

