Oleh: mukidi | April 13, 2010

Belajar Lingkungan

Giri jelas mempunya arti gunung, kalau Rejo kurang lebih mulyo, dan bisa diartikan gunung yang mulia, kurang lebih begitulah. Wilayah Desa Girirejo memang terlihat pertaniannya sangat maju, tanaman tumbuh baik. Girirejo masuk wilayah Kecamatan Ngablak, Magelang.

Dulu kerap sekali saya ikut pak de, waktu cari daun tembakau, 25 Maret 2010 mengingatkan aku tempo dulu. Kemarin acara beda, belajar persemaian pinus dilahan perhutani. Namun lokasi Girirejo sudah banyak berubah, jalan menuju dusun mangli sudah baik. Mangli merupakan nama dusun di Girirejo yang juga nama salah satu kyai ternama diwilayah Ngablak.

Hutan pinus yang telah dirintis menjadi wisata alam, dikawasan Perhutani KPH Kedu Utara BKPH Ambarawa, RPH Pagergunung, belum begitu banyak orang yang tahu. Jumlah pengunjungnya juga belum banyak,”sehari paling 5 orang,” jelas mardi selaku tenaga persemaian pinus yang tiap hari selalu dilokasi wisata.

Memang terlihat anak sekolah pada main kelokasi persemaian, namun langsung meluncur ke hutan pinus. Lokasi wisata masih alami, belum ada bangunan apa-apa, suara air mengalahkan suara manusia karena saking derasnya dan jernih sekali. Pokoknya kalau anak muda mesti senang main kelokasi hutan pinus.

Belajar langsung itu asyik juga, dari guru seorang mandor dengan nama panggilan subur. Mungkin karena orangnya gedhe trus dipanggil subur ha ha ha ma’af ya pak subur. Subur memberikan materi teori mulai dari aturan kerja persemaian, penaburan biji pinus pembuatan media tabur dan media sapih, overspin dan perawatan pinus.

Praktek juga diajarkan pembuatan media, memasukkan media untuk sapih dan overspin. Semua materi pembibitan pinus dari pak subur diberikan semua terimakasih pak subur, semoga ilmu yang aku dapat bermanfa’at.

Iklan

Responses

  1. Kapan2 kalo ada tugaS/dinas ke jogja,
    mampir ke t4,ku ya kang,..
    Nanti tak suguh roti,ɉ۩Hehehe,..
    Kan bakul roti,:-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: