Oleh: mukidi | Maret 7, 2010

Wanatani Kembangsari

Mendengar namanya saja sudah tentu akan membuat terpikat, karena kembang mempunyai arti bunga. Sudah otomatis kumbang-kumbang akan mendekat so’alnya bunga akan bisa menghasilkan madu bagi sikumbang.

Tentunya Desa Kembangsari pun juga seharum namanya. Desa yang masuk wilayah kandangan ini, pernah mendapatkan juara dalam hal penataan hutan rakyat. Penghargaan tidak hanya tingkat kabupaten namun tingkat nasional. Hutan rakyat yang dikelola masyarakat sangat baik dan terdiri dari berbagai jenis tanaman.

Tanaman yang diandalkan petani hutan rakyat kopi robusta, dengan tanaman peneduh ada mahoni, namun petani banyak menanam sengon. Ketika masuk hutan rakyat kembangsari yang ditemani ketua kelompok margosari, terlihat ada berbagai jenis tanaman, seperti mahoni, sengon, suren, kemenyan, manggis, duku.

Tanaman di bawah kopi terlihat juga yaitu jahe, namun masyarakat tidak semua petani mengembangkannya. Untuk tiap teras ditanami rumput untuk pakan ternak. Selain empon empon terlihat tanaman yang tumbuh liar seperti suweg dan iles-iles.

Nampak juga pohon aren, namun tidak semua petani punyai, dan tumbuhnya juga alami tidak dibudidayakan dengan baik. Menurut beberapa petani aren tumbuh dibawa oleh luwak. Konon ada juga petani yang arennya menghasilkan gula aren tiap harinya 8 kg, hanya dengan 3 pohon aren selama 7 bulan.

Sayang sekali aren dikembangsari hampir punah, ini perlu dikembangkan, selain bisa menambah pendapatan petani juga mendukung lingkungan. Kembangsari juga mempunyai pohon sengon yang dijadikan pohon induk dengan lingkar pohon kurang lebih 3 meter. Satu Desa hanya ada pohon induk dua batang, dan mungkin ini juga se wilayah Kecamatan Kandangan.

Namun pohon induk itu juga jarang yang memetik bijinya untuk dikembangkan benihnya. Kalau kelompok tani bilang takut dan sulit untuk memanjat ambil bijinya. Mudah mudahan tidak hanya sengon saja yang ada pohon induknya di kembangsari, mungkin bisa pohon induk yang lain akan muncul.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: