Oleh: mukidi | Februari 23, 2010

Teras mandiri di wonotirto

Melihat pemandangan di Desa Wonotirto, tepatnya wilayah yang berbatasan dengan Desa Pagergunung kondisi tanahnya berpasir dan berbatu. Namun petani tidak kurang akal dalam mengolah lahan dengan sistim konservasi.

Nampak pembangunan teras bangku berjalan dengan baik,”petani sini membangun teras swadaya sejak dulu, dia berfikir kalau tidak diteras tanah akan terbawa air, dan tidak bisa menanam jenis tanaman apapun,” papar Pariyanto selalu Kaur Pembangunan di Pemerintahan Desa Wonotirto.

Wonotirto masuk wilayah Kecamatan Bulu, banyak potensi pertanian yang bisa di kembangkan. Selama ini petani baru pada tahap pertanian semusim, sedikit yang mau mencoba dan berubah ke tanaman tahunan. Beberapa petani muda yang mulai berubah untuk tanam kopi, dengan bantuan kopi dari CV. Piranti Works, Temanggung.

Piranti Works sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi kerajinan dari jenis kayu, dengan mekr Magno dengan produk terkenal di belahan dunia dengan radio kayunya. Dengan tanaman kopi dan jenis tanaman peneduh kopi jenis kayu yang bisa digunakan oleh Piranti works.

Dalam diskusi dengan petani diharapkan petani bisa merubah sendiri dari tahap demi setahap. Tanaman semusim ke tanaman tahunan, seperti petani dalam membangun teras ternyata petani bisa mandiri, harapan ke depan dengan inisiator petani muda dan Piranti works nantinya petani bisa mandiri.

Mandiri dalam cari pasar dan harapan bisa menebus pasar luar negeri untuk jenis kopi arabika. Untuk masalah pasar kopi arabika pada petani selama  ini selalu dibodohi sama pedagang kecil katanya kopi arabika itu buahnya kecil. Karena petani juga belum paham sehingga menerima harga yang diberikan begitu saja. Ini diperlukan pendampingan dan penguatan kelembagaan petani supaya kuat dan mandiri dalam segala hal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: