Oleh: mukidi | Januari 31, 2010

Dukungan Petani Tua

Seperti biasanya pada minggu pagi yang merupakan hari libur kerja di perusahaan, namun waktu libur tersebut selalu ku gunakan untuk ke ladang. Tidak seperti biasanya, kali ini lewat jalan yang lain sambil nonton pemandangan alam yang beda tampilannya. Namun sayang tidak bawa kamera sehingga tidak bisa jeprat-jepret pemandangan.

Tidak begitu jauh dari ladang saya dan merupakan jalur yang dilewati, terlihat petani tua yang sedang mencangkul, terlihat sehat sekali. “mbah sampun gasik,” begitu sapa saya kepada pak tani tersebut. “yooo arep nandur kopi,” Jawab pak tani tadi. “nggih,” jawab saya kembali.

Sambil melanjutkan perjalanan menuju lahan kethekan, yang ku rencanakan untuk tanaman kopi 1000 batang jenis arabica. Kelak kopi ini merupakan investasi dan sekaligus sebagai percontohan untuk petani yang dekat dengan lahan saya.

Sesampai dilahan tanpa istirahat langsung saja mulai menanam kopi, pada lahan yang telah dicangkul oleh paman saya. Ambil cangkul bikin lubang langsung tanam, karena cuma bawa kopi sedikit langsung selesai, dan lihat batas-batas lahan dipinggir sungai. usai itu langsung pulang, lewat jalan yang tadi.

Terlihat pak tani yang tua sedang mencangkul dengan semangat tak ajak pulang, tidak mau dan memberi semangat kepada saya. “wah nek tanduri kopi mesti metu,” katanya. (kalau ditanami kopi pasti akan panen), baru kali ini saya mendapat dukungan dari petani. mulai dari rencana mau tanam dan bawah kopi ke ladang selalu dikatakan aneh. e e ternyata masih ada yang dukung juga niiii dan akhirnya terimakasih pak tua kau telah mendukungku, dan semakin semangat serta harus semangat membangun lahan tanpa merusak lingkungan demi menata ekonomi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: