Oleh: mukidi | Januari 1, 2010

Tahun Baru Semangat Bikin Hutan Baru

Tahun baru kebanyakan orang berhura-hura, melihat kembangapi, pergi wisata. Mereka tidak pernah berfikir tentang kerusakan lingkungan, kerusakan hutan, hingga bahayanya ketika hutan habis. Bahkan ketika tahun baru sering terlihat di alun-alun atau yang lainnya ketika usai pesta kembangapi apa yang terlihat, tak lain sampah.

maka sederhana bagiku tahun baru selamatkan lingkungan, dan tingkatkan untuk perbaikannya. Di tahun baru itu sekalian wisata alam tanpa beli tiket, bisa mendengarkan suara burung, dan angin di hutan damar. Timbul pikiran apakah hutan ini akan bertahan sampai tahun berikutnya.

Di hutan damar mencari benih damar di bawah pohonnya dengan petani yang dekat hutan. Sambil tanya,” ini sudah berapa tahun pak”? tanya saya. “sudah 30 tahun lebih,” jawab petani.

Dalam hatiku berkata, bikin hutan itu lama, tapi kok ya ada orang yang menebang tanpa menanam. Padahal menebang satu pohon itu untuk oksigen dua orang, berarti ketika menebang tanpa menanam kembali sama saja membunuh dua manusia ha ha ha.

Di tahun yang baru mari tumbuhkan semangat baru dan bikin hutan baru. Semakin banyak hutan akan semakin baik udara, air dan semua ekosistem. Kalau satu orang tanam pohon satu terlalu sedikit bagiku, satu orang tanam sepuluh gitu.

Kan tidak harus beli ketika kita mau tanam pohon, bisa bikin sendiri dari biji. Kalau kita beli rambutan atau mangga ya rawat bijinya, dan semailah biji tersebut, nanti akan tumbuh tunas masukkan ke polibag atau kaleng bekas yang sudah siap ada media tanamnya, yaitu campuran pupuk dan tanah. Rawat ketika besar dan anda tidak punya lahan, sumbangkan kepada petani atau yang mempunyai lahan untuk menanam, sederhanakan menciptakan hutan baru, bisa dengan tanaman buah kan.

Sistim hulu hilir harus dibangun biar terjadi keseimbangan alam. Selamat tahun baru, mari lestarikan hutan dan bikin hutan baru.

Iklan

Responses

  1. semangat pak, semoga Allah membalas segala amal dan jerih payah bapak. amiin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: