Oleh: mukidi | November 18, 2009

Petani Maju Grubug Wonotirto

Banyak kelompok tani yang anggotanya tua, namun kalau kelompok tani 57 alias kelompok tani maju Dusun Grubug Desa Wonotirto Kecamatan Bulu, anggotanya banyak yang muda. Memang kelompok belum lama berdiri, namun kegiatan kelompok sudah jalan.

Organisasi atau kelompok mulai dari adminitrasi mulai ada penataan, penggalian dana juga ada dari iuran ketika pertemuan rutin yang diadakan setiap jum’at kliwon tiap bulannya. Dalam pertemuan Jum’ at Kliwon tanggal 13 November 2009, yang dimulai jam 14.00 wib hampir anggota semuanya datang bahkan hadir juga perwakilan kelompok dari lain dusun, PPL, dan dari CV.Piranti Works (Radio Kayu Temanggung).

Acara dimulai dengan pembukaan, trus sambutan ketua kelompok yang menyampaikan bahwa kelompok menerima program dari pemerintah. Usai sambutan dari ketua kelompok terus waktu diberikan kepada Mukidi dari radio kayu Temanggung. Melihat semua petani sudah jenuh dan duduk diam saja, tiba-tiba mukidi langsung mengucapkan selamat pagi, e langsung pada terkejut dan bilang ini sore pak mukidi.

Apa tidak boleh kalau saya bilang pagi, biar anda semua tidak ngantuk semua pada tertawa. Oke kita akan coba test telingan, semuanya saja saya tanya telingan untuk apa, semuanya menjawab untuk mendengarkan. Coba nanti ketika saya berkata dan apa yang saya katakan sesuai dengan yang pernah bapak-bapak lakukan, bapak harus berdiri.

Oke tadi hanya game, untuk sekedar refreshing, kalau tadi dari ketua bilang bahwa ada program dari pemerintah dan kelompok ini dapat program sangat bagus. Kelompok maju berarti baru mendapatkan peluang dan sekaligus tantangan, artinya tunjukan bahwa kelompok maju mampu dalam menjalankan program, mampu dalam hal ini tidak hanya dalam adminitrasi saja, namun kegiatan berjalan dengan baik.

O ya sekedar informasi saja kalau dalam program ada penanaman kopi, perlu diingat bahwa kopi itu perlu kopen (dirawat dengan baik). Pada daerah tlahap terlihat kopinya baik bahkan ada yang hasilnya per batang dapat 16 kg basah, coba kalau harga perkilo Rp 3000 kalau bapak punya 1000 batang hayo sudah berapa itu uangnya? itu semua ya kopen.

Oke nanti tentang bagaimana teknisnya merawat kopi, disini ada PPL nanti biar lebih jelasnya biar pak PPL yang menerangkan. oke dari saya cukup dan selamat pagi. Waktu selanjutnya PPL memberikan sambutan tentang sedikit kopi, terus pemahaman program yang akan dilakukan. Pertemuan selesai sekitar jam 17.00 wib, namun karena kondisi hujan dan listrik mati akhirnya ngobrol dengan beberapa pengurus kelompok tani sampai jam 18.30 e ternyata pak PPL mohon pamit duluan karena harus pulang Temanggung. Selamat 57 dapat program dan itu amanah jalankan dengan baik dan benar

Iklan

Responses

  1. Nah gitu gandem tenan
    kapan main ke KELOMPOKku GEJAGAN


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: