Oleh: mukidi | November 11, 2009

Dadi Alase Mukti Rakyate

sadikun dan sapinya (2)1Slogan ini cocok sekali untuk Desa Kemuning, Desa di kepung hutan di wilayah Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung. Hutan yang masih alami pernah juga mau di tebang oleh pengelola hutan yaitu Perhutani namun masyarakat melalui LMDH menolak dengan berbagai alasan.

Tentu alasannya juga sangat rasional, sehingga Perhutani tidak jadi menebangnya. Salah satu alasan di dalam hutan masih ada lutung jawa, bahkan masyarakat juga memasang plang larangan untuk berburu satwa langka.

Masyarakat Kemuning kebanyakan masyarakat hidup dari sektor pertanian dengan kopi sebagai ekonomi utamanya. ” Sengon dan ternak juga merupakan tabungan,”kata Sadikun selaku pendamping kelompok usaha bersama.

Kube Mekarsari yang didampingi Sadikun sejak tahun 2007, telah membuahkan hasil. Biasanya kalau masyarakat dapat bantuan ternak selalu tidak ada sisanya, namun beda dengan Kemuning. Bantuan ternak melalui program pemberdayaan fakir miskin ternyata berkembang, dari ternak indukan 20 ekor untuk, sudah menghasilkan anakan 19 ekor.

“masyarakat sekarang sudah menggunakan pupuk kandang untuk memupuk kopi, tidak dijual lagi,” paparnya. Sadikun sudah berpengalaman dalam mengorganisir kelompok sehingga dapat berhasil dengan baik. Pengalaman tersebut didapatnya ketika dia menjabat kepala desa selama 2 periode sekitar 16 tahun jabatan kepala desa dipangkunya.

sadikun dan sapinya1Walaupun sekarang sudah tidak jadi kepala desa, dia masih terlibat dalam diskusi untuk membangun desa. Bahkan aktif juga membangun hutan, terbukti hutan rakyatnya juga baik. Selamat dan teruskan selamatkan lingkungan dengan slogan dadi alase mukti rakyate …….jangan putus asa mbah dikun…..

Iklan

Responses

  1. jempol buat pak Sadikun, meski udah ga jadi kades, tapi masih aktif dalam kegiatan masyarakat…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: