Oleh: mukidi | November 10, 2009

Menanti Hujan

kang tuyadiMongso Kelimo, begitu kata petani yang pinter itungan jowo dengan pronoto mongsonya. Dan biasanya hujan sudah mulai turun dengan baik, ada lagi yang bilang tunggu saja sampai akhir Nopember hujan sudah deres. Bahkan ada yang bilang pokok e Desember kuwi gedene sumber.

Itu semua petikan diskusi dengan beberapa petani yang sama-sama menanti hujan. Bahwa air memang sangat bermanfa’at bagi semua makhluk di bumi. Tak kecuali saya pribadi yang mau menanam kopi di daerah kethean. Tanahnya masih kering, sulit untuk dibuat complongan.

Dilahan milikku dengan sekelilingnya semua pada tanam tembakau aku sendiri mencoba mau tanam kopi dengan naungan tanaman keras, jabon, damar dan jenis lainnya. Lahan pada ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut, dengan pemandangan yang luar biasa, batu alam masih nampak ditebing dan curam, dan ada air terjunnya.

Sederhana sekali aku berfikir kenapa aku harus tanam kopi di daerah yang sekitarnya tidak tanam kopi. Itulah proses merubah orang dengan contoh, tidak hanya bicara tapi tanpa perubahan. Memang banyak tantangan, justru itu yang akan menjadikan proses diskusi dengan petani.

Ketika aku mau bikin lubang tanam, tetangga sebelah yang punya lahan bilang. Nanti kalau ditanami kopi dimakan kera kopinya. Sederhana saja aku jawab, “la aku kan menyelamatkan tanaman anda jadi tidak dimakan kera sekaligus aku juga selamatkan satwa tooooo”, diriku sambil tertawa.

Prihatin memang ketika melihat petani tembakau, kebanyakan ketika mereka mengelola lahan tanpa perhatikan konservasi tanah. Namun dilahan yang luasannya sedikit aku berusaha merubah dengan memberi contoh untuk perbaikan lingkungan. O ya do’akan semoga aku bisa berhasil, kedepan bisa juga jadi wisata alam lho lahan ku.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: