Oleh: mukidi | Oktober 29, 2009

Desa aset wisata

Berkeliling dari satu desa ke desa lainnya memang asyik, berkenalan dengan petani, pejabat desa dan lainnya. Melihat anak sekolah pulang sekolah, jalan kaki sepanjang 2 km itu hal biasa dilakukan anak desa. Namun ketika ditanya mau jadi apa? tak ada yang menjawab, bahkan anak desa yang duduk dibangku SMA pun ditanya malah bilang belum tahu dan tidak mempunyai cita-cita.

kembangsari (2)1Dalam perjalanan selalu terpikir dalam diriku, harus ada orang yang bisa membantu meningkatan kapasitas sumberdaya manusia dalam pengelolaan sumberdaya alam yang ada di desa. Banyak aset yang bisa dikembangkan bahkan bisa di kemas jadi wisata dan bisa menambah ekonomi desa.

Contoh sederhana di desa banyak kebun kopi, kenapa tidak terus bikin acara melihat orang petik kopi. Bahkan kalau perlu bikin acara melihat petik kopi, atau ambil getah pinus, maupun bikin gula aren. Kalau hal kecil seperti itu bisa dicemas terus dipadukan dengan acara yang ada di desa wah bisa mengundang para wisatawan lho.

Kalau desa di Temanggung pasti tiap desa mempunyai kesenian kuda lumping atau mungkin yang lainnya. Bahkan ada juga tempat-tempat yang dikramatkan, mungkin bikin acara disana terus dipadukan dengan kegiatan ambil getah pinus maupun petik kopi merah.

Hal semacam itu kalau dipromosikan kepada orang kota bisa jadi wisata desa, ini memang perlu orang yang serius untuk membangun desa. Dalam membangun desa dibutuhkan orang yang benar-benar tulus memajukan desa tidak hanya sekedar dapat untung sendiri.

itu si baru kegiatan sederhana, yang bisa meningkatkan pendapatan, lalu pertanyaannya sekarang, apakah para pejabat desa sudah berfikir seperti itu. Seharusnya ketika ada otonomi desa harus berani mengambil terobosan demi meningkatkan pendapatan desa yang nantinya tentu masyarakatnya sejahtera.

Mimpi-mimpi ini akan tercapai kalau generasi penerus desa jangan pergi ke kota. Jangan tinggal kan desa, desa adalah tumpuan ekonomi, tumpuan harapan masa depan. Selamatkan desa dengan menciptakan generasi yang cinta akan desanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: