Oleh: mukidi | Oktober 23, 2009

Mimpi Hijau

nang tegalan (18)1Musim tembakau sudah usai, bagi yang bertani tembakau. Namun kalau seperti saya, selalu melihat perubahan tegalan. Kalau pada musim tanam tembakau lahan diolah tanpa mempertimbangkan kaedah konservasi. Ketika tembakau sudah terlihat besar juga lahan tanpa hijau, namun hijaunya juga hijau tembakau.

Artinya hijau itu hanya sekelumit tidak seterusnya, dari tanam sampai panen sekitar 6 bulan hingga 7 bulan dilahan pegunungan. Bulan usai tembakau panen kalau didaerah pegunungan adalah akhir September pada tiap tahunnya. Pada bulan itu terlihat lahan kering dan berdebu, kalau ada angin lisus ya debu bertebaran.

Apalagi kalau hujan deres, jelas erosi permukaan tanah. Karena baru saja usai hujan pertama kali aku dan anak, serta kakak melihat lahan yang akan aku impikan jadi lahan hijau dengan kopi arabika. Lahan yang sering disebut kethekan itu memang tempatnya kera ekor panjang, tidak hanya kopi yang akan aku tanam disana. Jenis tanaman keras yang lain dan cocok dilahan tersebut akan aku coba kembangkan.

Sering orang menyebutku aneh, namun tak apalah, karena aku selalu beda ketika menanam. Dan yang menarik kegiatan itu aku kerjakan di petani yang selalu tanam tembakau. Lahan itu tentunya ketika sudah jadi hijau juaga bisa untuk pembelajaran anak. Jangan sampai nanti anak-anak sudah tidak tahu dengan jenis pohon yang ada di lereng gunung.

Mimpi hijau tidak mudah apalagi aku harus menentang arus tidak apalah, dan yang penting aku menanam dilahan sendiri. Dan anehnya ketika aku berdiskusi dengan tetangga yang lahannya berdekatan dengan lahan yang akan aku tanami kopi, e e dia malah bilang lha nanti kalau kopinya dimakan kera bagaimana?

aku jawab sederhana, kalau kopinya dimakan kera kan terus tidak merusak lahan anda dan aku juga sudah menyelamatkan satwa ha ha ha . Namun ketika diperjalannya menuju rumah aku berfoto dengan anak ku dalam bathinku apakah ini yang akan diwariskan untuk anak-anak kita lahan yang telah rusak parah? ayo selamatkan dan kembalikan sesuai fungsinya.

Iklan

Responses

  1. Heibat, semoga sukses. Sapa tau bisa tanam tembakau di bawah pohon kopi(disela”nya) atau tanaman lain yang lebih cepat panennya hingga petani ga kelaparan menunggu panen kopi, he…he…Oh ya, faktor kera harus dipikirkan juga, karena alm mertua saya pernah kelabakan dan gagal panen coklat, gara” diserbu kera” kelaparan(akhirnya kandas jdi petani coklat).
    good luck, semoga anak istri bangga meliat perjuangan anda, dan smoga petani” lain mencontoh setelah anda berhasil dan sukses…Amin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: