Oleh: mukidi | April 10, 2009

Empat Rumah Roboh Puting Beliung Landa Mungkid-Temanggung

MUNGKID – Dua rumah warga roboh akibat angin lesus yang melanda Dusun Mangundadi, Desa Krinjing, Kajoran, Kabupaten Magelang. Kedua rumah itu milik Zaenab dan Warsi. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Kades Krinjing Haryanto menuturkan angin kencang yang bertiup dari arah selatan selama beberapa menit menerjang kawasan pemukinan warga yang ditinggali puluhan kepala keluarga. Angin yang disertai hujan itu juga merobohkan puluhan pohon seperti cengkeh, albasia dan lainnya. Belum diketahui jumlah kerugian.

“Rumah Zaenab dalam keadaan kosong karena ditinggal ke Jakarta sedangkan rumah Warsi tertimpa pohon cengkeh, namun anggota keluarganya yang berjumlah empat orang selamat, genteng-genteng yang jatuh tertahan kelambu kamar,” terang dia.

Heri Prawoto, petugas Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Kabupaten mengatakan hembusan angin kencang yamg terjadi di kawasan dekat perkampungan penduduk di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kamis (5/2) sekitar pukul 16.00 WIB mengakibatkan sejumlah baliho dan atribut kampanye di tempat itu ambruk,” katanya.

Sedangkan di Temanggung, setelah longsor terjadi di dua kecamatan, giliran angin puting beliung melanda 10 kecamatan di Temanggung, Kamis (5/2) petang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sedikitnya dua orang luka, dua rumah roboh, dan ratusan rumah rusak.

Kesepuluh kecamatan tersebut adalah Tretep, Wonoboyo, Ngadirejo, Bansari, Kledung, Parakan, Bulu, Tlogomulyo, Tembarak, dan Selopampang. Kerusakan rumah warga, rata-rata di bagian atap, yakni seng dan genteng beterbangan.

“Kesepuluh kecamatan tersebut memang rawan bencana angin karena terletak di lereng gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Empat kecamatan yang parah dilanda bencana angin adalah Kecamatan Kandangan, Bulu, Kledung dan Wonoboyo,” kata Kasie Linmas Kantor Badan Kesbangpol Linmas Temanggung, Agus Sudaryono, kemarin.

Kerusakan rumah warga, rata-rata di bagian atap, yakni seng dan genteng beterbangan. Di Kandangan, selain merusak rumah warga, angin juga membuat dua pohon besar di tepi jalan tumbang menimpa sebuah mobil truk yang tengah melintas hingga rusak. Untungnya, Sunyoto, 53, sopir truk tersebut berhasil menyelamatkan diri. Sehingga ia hanya menderita luka di bagian kepala dan kaki. Selain itu, seorang anak di Kandangan, Diva, 10, tertimpa robohan baliho di tepi jalan hingga luka parah di bagian kepala. Saat ini Diva masih menjalani perawatan di RSUD Djojonegoro, Temanggung.

Di Kecamatan Wonoboyo, angin sempat merobohkan dua rumah warga, serta merusakan rumah warga lainnya. Dua rumah roboh tersebut, masing-masing milik Marsaid, 50, dan Akhmad, 50.

Di kecamatan Bulu, sebuah rumah tertimpa pohon bambu yang juga tumbang tersapu angin. Rumah tersebut milik Kasdi, 48. Di samping itu, rumah warga lainnya pun rusak di bagian atap. Sementara itu, Pasar Tiban di Desa Kwadungan, Kecamatan Kledung juga porak poranda di hajar angin.

Hingga Jumat pagi (6/2), warga di masing-masing daerah masih melakukan kerja bakti memperbaiki kerusakan akibat bencana angin. “Untuk kerugian, sementara ini masih kami hitung. Siang nanti, Jumat (6/2) kami bersama Dinas Sosial akan menuju lokasi bencana untuk memberikan bantuan sembako dan mendata kembali total kerusakannya,” kata Agus.

Mukidi, 37, warga desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, menerangkan, angin mulai bertiup kencang sejak pukul 16.00 wib pada Kamis (5/2) dari arah utara. Hingga petang, hembusan angin telah merusakan sejumlah rumah warga. “Angin masih bertiup hingga sekitar pukul 21.00 wib, sehingga kerusakan yang terjadi akibat angin makin parah,” ungkap Mukidi. (uui/dem)

diposting dari Jawa Pos Radar Yogya, 7 februari 2009

Iklan

Responses

  1. wow…
    kayaknya dari dulu kasus bencana adalah angin ribut.
    g ada respon penanggulangan pra dan pasca bencana ya????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: