Oleh: mukidi | Maret 22, 2009

Kemuning Kerjasama Kopi

Pertemuan untuk pemahaman kerjasama dalam pengelolaan hutan bersama masyarakat selalu melalui tahapan maupun adanya hambatan. Namun akhirnya hambatan juga menghasilkan kesepakatan, mungkin itu yang namanya proses biar semuanya satu tujuan dan kebersamaan dalam mewujudkan hutan lestari rakyat mukti, yang tentunya tujuan akhir rakyat sejahtera.

Pertemuan di Balai Desa Kemuning antara Perhutani yang dalam hal ini di hadiri dari KPH Kedu Utara Widayat, Marino, Ngateman, Deden Asper Candiroto. Pertemuan pada tanggal 21 Maret 2009, hadir pengurus LMDH Argo Sejahtera Desa Kemuning, dan perwakilan para pesanggem.

Pertemuan yang dimulai pada jam 10.00 pagi, hingga jam 12.30 wib, dalam pembahasan draff kerjasama kopi agak berlangsung lambat karena belum satu bahasa. Bagi hasil kopi atau tanaman dibawah tegakan yang oleh masyarakat Kemuning selalu menerapkan taksasi atau perkiraan sekarang dibangun kerjasama yang saling menguntungkan. Taksasi sekarang dirubah menjadi bagi hasil dan dikerjasamakan.

Dimana perhutani memberikan pinjaman pupuk dengan pengembalian setelah panen kopi, dengan bunga yang kecil. Bagi hasil kopi disepakati dan dituangkan dalam kerjasama sebesar 45% Perhutani, 45% pesanggem dan 10% LMDH. Intinya dalam membangun kerjasama terletak dalam kejujuran dan keiklasan semua pihak, maka semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Kemuning yang terletak di wilayah Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung, merupakan salah satu Desa yang pertama kali mempelopori kerjasama kopi dibawah tegakan. Artinya kedepan merupakan contoh bagi lMDH yang lain.

Iklan

Responses

  1. wah bagus ya kak blognya kak….. jangan lupa mampir keblog saya ya kak

    yantysa.wordpress.com

    • oke terimakasih

  2. salam kenal
    apa anda punya contact person seseorg di Kemuning?
    Saya dulu KKN disana, sudah lama banget
    sebelum It sebagus sekaran
    thx
    regards


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: