Oleh: mukidi | Maret 21, 2009

Biopori Di SMP N 3 Bulu

mukidi-dan-bioporiTentunya tidak sekedar hanya namanya saja SMP N 3 Bulu Temanggung, yang telah menyatakan sekolah berwawasan lingkungan. Berbenah diri dalam segala hal, nampak taman yang tadinya kurang perawatannya sekarang dibenahe dan semakin rapi.

Sebelum masuk SMP nampa pohon ekaliptus yang tingginya hampir 2 meter hasil penanaman pengurus osis pada Desember 2007, dan tanaman pohon lainnya juga nampak baik pertumbuhannya. Sekolah berwawasan lingkungan tentunya menjadi dambanya semua sekolah, namun SMP N 3 Bulu tidak hanya slogan saja.

Banyak bukti yang sudah dikerjakan oleh SMP N 3 Bulu, selain pembibitan dan penanaman turus jalan di dekat monumen meteorit hingga sampai Dusun Wunut Wonotirto. Kini pada pertemuan pengurus osis yang dihadir oleh Mukidi dari Dipersani, sebuah lembaga yang konsen di lingkungan, mengenalkan tentang lubang resapan biopori.

Mukidi memperkenalkan mulai dari keunggulan dan manfaat lubang resapan biopori, selain sebagai teknologi yang tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengurangi banjir dan sampah. “Biopori juga meningkatkan daya resapan air, dan mengubah sampah organik menjadi kompos,”jelas Mukidi.

Pertemuan osis pada Kamis, 19 Maret 2009 berlangsung dengan santai. Tidak hanya memperkenalkan namun Mukidi juga mempratekkan penggunaan biopori. Nampaknya anak-anak juga tertarik mempraktekkan membuat lubang resapan dengan biopori pada taman sekolah.

Usai mempraktekkan teknologi yang ramah lingkungan, pengurus osis juga dikenalkan dengan teman-teman Mukidi, yang sedang melakukan penelitian di Wonotirto. “kamu harus bangga mempunyai SMP N 3 Bulu, karena baru sini yang mempergunakan biopori se-Kabupaten Temanggung,” tambah Mukidi.

Iklan

Responses

  1. kami ini bangga terhadap SMP 3. Karena bukan hanya karena faktor bantuan alat biopori, tetapi kesadaran tentang wawasan lingkungan telah membuat mereka sadar betapa mereka juga membutuhkan lingkungan yang hijau. karena lingkungan hijau berperan penting akan kelangsungan hidup di bumi ini. kami ingin memberikan masukan tentang penggalaan lingkungan, bahwa dana untuk pembibitan/penghijauan lingkungan tidak hanya dari masyarakat saja, tetapi pemerintah juga membantu pemberian bantuan bibit pohon kepada rakyat. jadi bukan hanya rakyat saja yang mendorong penghijauan lingkungan ini, tetapi pemerintah juga membantu mendorong, agar kukuatan itu menjadi semakin kuat. dan tolong juga perbenahi UU Perhutani yang kemarin kurang tegas menjadi lebih tegas.
    (from: smp muhammadiyah 01 temanggung)

  2. Sebagai orang bulu saya sangat bangga dengan kemajuan smp 3 saat ini dan untuk masa mendatang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: