Oleh: mukidi | Maret 20, 2009

Beraktivitas Untuk Lingkungan

Menyelamatkan lingkungan merupakan tujuan utama, namun tidak harus melupakan kepentingan ekonomi masyarakatmukidi-dan-kopi. Tentunya dalam merubah pola pikir masyarakat yang selalu berbudaya menanam tanaman semusim tidak bisa seketika atau sekedar membalikkan tangan.

Masyarakat kita khususnya daerah pengunungan biasanya selalu melihat yang telah berhasil, dan biasanya mereka akan meniru orang yang telah berhasil. Tidak sekedar ngomong tapi perlu praktek itu taktik yang dikembangkan mukidi, dalam membangun proses penyadaran masyarakat.

“Saya punya lahan sedikit, tapi saya buat demplot untuk tanaman keras, sengon, dan dibawah tegakan kita kembangkan kopi dan empon-empon. Karena belum lama demplot saya kembangkan tentunya belum nampak hasilnya. Namun saya yakin kedepan akan menuai hasil yang diinginkan,” ujar Mukidi.

“Kopi yang ditanam saya bikin sendiri dari biji, ini saya coba untuk merubah petani dan memberi contoh. Kalau sekedar bibit kopi saya rasa petani bisa, bahkan sangat mungkin kalau kelompok tani bisa mengelola program pemerintah untuk pembibitan,” tambah Mukidi.

Pembibitan kopi di samping rumah, mukidi sering menyebutnya labaratorium pribadi, dia sering menyiram dan mengamati tiap hari pertumbuhannya. Tidak hanya di samping rumahnya, Mukidi juga mengembangkan kegiatan pembibitan di SMP 3 Bulu, Temanggung.

Tidak hanya kopi, ada bebarapa jenis tanaman keras yang dibibitkan, seperti sengon, mahoni dan rencana akan mencoba damar. “Saya sangat bahagia, ada teman yang mengirim bibit apel. Kelak apel ini akan saya kembangkan, dan kedepan bisa menambah ekonomi kesejahteraan masyarakat pedesaan di lereng Sumbing dan Sindoro,” begitu pinta Mukidi dengan penuh harapan.

Tinggalkan Balasan

Kategori

