Oleh: mukidi | Maret 10, 2009

Lutung “Selamatkan aku”

Temanggung sebelah utara merupakan lahan yang berhutan, ada hutan produksi, dan hutan alam. Salah satu hutan yang masih rimbun dan tergolong hutan alam, terletak di Desa Kemuning Kecamatan Bejen Kabupateburung-katik-terbangn Temanggung.

Air yang jernih pertanda kalau erosi permukaan sangat kecil, karena semua tanah tertutup oleh seresah dedaunan, yang bisa menjadi pupuk organik untuk tumbuhan maupun pohon besar. Masyarakat Kemuning banyak menanam kopi di bawah tegakan dengan jenis “robusta”.

Tentunya dengan lebatnya hutan, juga banyak satwa yang seharusnya dilindungi. Namun pada kenyataannya banyak pihak yang belum tau kalau di Kemuning masih ada Lutung Jawa. “satwa langka ini sering diburu oleh pemburu dari luar desa sini, kami mohon bantuan kepada semuanya untuk mendukung agar jangan hilang satwa ini,” pinta Sugito selaku Kepala Dusun Kemuning.

“pernah hutan ini mau diusulkan mau ditebang, namun masyarakat menolak dengan berbagai alasan. Kita tidak akan menjumpai hutan yang selebat ini, kalau sampai ditebang ratusan tahun bikinnya. Daerah bawa akan longsor, dan air akan hilang, serta satwa-satwa langka akan murnah. bahwa mungkin nanti hanya kenangan dan cerita, sedangkan anak-anak tidak akan tahu tentang hutan ini,” begitu penjelasan Sugito.

Barang siapa memburu satwa langka (burung dan lainnya) dihutan berarti melanggar undang undang no. 5 Tahun 1990.Tentang : Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan ekosistemnya pasal 19 ayat (1) dipidana dengan hukuman 10 tahun penjaraatau denda paling banyak Rp 200.000.000

Plang larang yang dibuat oleh Dipersani dipasang pada jalan mau masuk hutan, nampaknya berpengaruh terhadap orang yang mau berburu. “Yang pada tiap hari Minggu banyak pemburu sekarang berkurang,” papar Sugito

Mungkin kalau satwa itu bisa ngomong, akan meminta selamatkan aku. Masih banyak satwa yang ada didalam hutan, nampak juga elang dan burung lainnya. Pada hutan yang dikelola Perhutani ini masyarakat juga mengandalkan ekonomi, untuk menyambung hidupnya. Hutan dengan luasan 510 ha, dikerjasamakan dengan masyarakat kemuning. PHBM merupakan program terbaik saat ini, bahkan ada rencana untuk membuat program penyelamatan satwa langka dari buruan tangan-tangan jahil.

Tentunya bagi masyarakat Temanggung pada umumnya tertarik dan mau melihat Kemuning secara utuh. Peternakan juga dikembangkan masyarakat dengan konsep peternakan berbasis kehutanan atau agrosilvapastura. Namun kotoran ternak belum sampai dikelola jadi biogas maupun pupuk yang baik. Masyarakat akan senang kalau ada pihak-pihak yang perduli membangun Kemuning.

Yang jelas Kemuning merupakan salah satu Desa di Temanggung, Desa di dalam hutan begitu julukan yang cocok. Bagi yang penasaran dipersilakan berkunjung ke sana, bisa datang sendiri. Kalau udah sampai sana bisa langsung ke Pak Sadikun selaku sesepuh desa Kemuning yang tahu persis kondisi awal Kemuning.

Atau yang dari luar kota, ingin melihat sekaligus menikmati wisata alam, bisa menghubungi Mukidi dengan no hp. 087834080977. Pasti Mukidi dengan senang mengantarnya. Yang jelas kalau mau lihat lutung harus menginap di Kemuning.

Iklan

Responses

  1. Laporannya bagus, mas Mukidi. Saya juga pecinta alam dan lingkungan. sayang saat ini kondisi bumi semakin parah akibat manusia-manusia serakah.
    mudah-mudahan, tahun 2010, kita tidak termasuk yang ditimpa bencana alam yg dahsyat.
    tampaknya pembersihan manusia-manusia kafir kembali akan terjadi, seperti pada zaman nabi nuh atau zaman nabi musa dulu.
    selamat mas, teruskan selamatkan makhluk2 Tuhan, agar kita juga diselamatkan oleh Tuhan, di mana pun dan kapan pun. Amin, wds, 72 tahun,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: