Oleh: mukidi | Maret 8, 2009

Kerajinan Dan Gubuk

yatien-1Gubuk kalau di wilayah jawa tepatnya dipedesaan merupakan tempat untuk menempatkan hewan maupun kandang hewan. lalu apa hubungannya dengan judul yang tertulis tersebut. artinya kerajinan yang ada di Desa Wonotirto Dusun Kwadungan yang di pelopori oleh pemuda lajang ini merupakan awal munculnya kerajinan berupa walang dari kayu, cincin dan gelang. Dan tempatnya di kandang begitu ceritanya.

Bahan kerajinan yang dibuat oleh Yatien, selain cincin juga ada gantungan kunci yang bermotif punakawan (Semar, Petruk, Bagong, dan Gareng) dalam dunia pewayangan. Semua kerajinan dari kayu sonokeling. Pemuda yang biasanya bermain dekorasi untuk acara pernikahan ini, mencoba mengembangkan bakatnya yang diperoleh dari Bali.

“saya ingin mengembangkan dan berkarya, syukur bisa menciptakan lapangan kerja bagi pemuda wonotirto,” dengan penuh harapan. Yatien, pemuda 27 tahun ini dikenal ulet, karena mulai dari mencari bahan, dan pemasaran masih dirintis sendiri. Dalam membuat karya terlihat dibantu oleh 2 orang juga masih remaja.

Walaupun pemuda yang hanya tamatan persamaan sekolah lanjutan pertama ini, tidak mau kalah dengan yang sekolah tinggi. Terbukti dalam membangun jaringan pemasaran sudah sampai jogja, bahkan sempel kerajinan kapalnya baru diperlihatkan orang Belanda. Tidak hanya itu sempel walang atau belalang yang dari kayu juga diperlihatkan kepada orang jepang walaupun melalui teman-temannya.

Memang kecil upaya yang dilakukan Yatien, namun 5 tahun kedepan pasti dari gubuk akan menjadi perusahaan yang besar. “yang jelas saya akan membantu kegiatan untuk lingkungan karena saya mempergunakan kayu kok untuk bahan utamanya,” begitu janjinya.

Belum tersentuh oleh pihak pemerintah Kabupaten Temanggung kerajinan Yatien, namun dia tetap berkarya. Bagi yang berminat untuk membeli sebagai cindramata bisa datang langsung ke Dusun Kwadungan Desa Wonotirto 06/04 Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Iklan

Responses

  1. […] mukidi : Kerajinan Dan Gubuk […]

  2. betul-betul menginspirasi!!

    • matur suwun

  3. memang kreatif si dirimu! arep opo meneh sing arep di gawe maaass!

  4. Yaaa…semoga menjadi maju dan besar usahanya buat mas YAtien..amin…

  5. wis ganti poto sing anyar,klo boleh kasih masukan,benahi sistem kerjanya ben ra kake’en le rijek.yo

  6. gandem

  7. ok bgt usaha & kerja kerasmu…semangat & sukses bro…!!!

  8. PAK MUKIDI@ saya salut dengan anda.like this


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: